alexametrics

Diduga Kemplang Pajak, 3 WP Disidang

16 Maret 2019, 10:59:51 WIB

JawaPos.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) II menindak tegas tiga wajib pajak (WP) yang diduga mengemplang pajak. Ketiganya ditangani di tiga lokasi berbeda. Yakni, di Cilacap, Purwokerto dan Klaten. Para WP mempunyai modus yang berbeda-beda untuk mengelabui pengisian SPT tahunan.

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu menyampaikan, pihaknya sudah melakukan penegakan hukum dan pemeriksaan terhadap para WP yang diduga tidak tepat jumlah dalam menyampaikan SPT. “Kami melakukan analisa, melakukan penegakan hukum, pemeriksaan dan mengambil tindak pidana perpajakan,” ucap Rida kepada JawaPos.com, Sabtu (16/3).

Selama ini, DJP Jateng II terus berupaya agar setiap WP melaporkan SPT tahunan sesuai dengan kenyataan. Yakni, tepat waktu dan tepat jumlah. Sebab jika ada hal yang dinilai tidak sesuai, maka DJP akan melakukan pemeriksaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan meneruskan ke jalur hukum. “Yang sudah masuk ke persidangan itu di Cilacap dan Purwokerto. Kalau yang di Klaten baru akan masuk ke persidangan,” ucapnya.

Disinggung mengenai jumlah kerugian negara akibat tidak sesuainya pelaporan SPT, Rida menyebutkan nilainya tidak terlalu besar. Namun tindakan tegas tetap dilakukan untuk memberikan efek bagi para WP yang terindikasi mengemplang pajak. “Ini akan memberikan efek terhadap WP yang dalam menyampaikan SPT tahunan tidak tepat jumlah. Nanti kami lihat bersama,” pungkas Rida.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

Copy Editor :

Diduga Kemplang Pajak, 3 WP Disidang