alexametrics

Kabar Gembira, Rumah DP Nol Persen Diresmikan, Ditarget 10 Ribu Unit

16 Februari 2019, 05:10:52 WIB

JawaPos.com – Wali Kota Tarakan terpilih Khairul tampaknya tak sabar ingin menunaikan janji kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tarakan 2018 lalu. Kamis (14/2) lalu, pria yang tak lama lagi dilantik sebagai wali kota Tarakan itu meresmikan pengerjaan rumah tanpa down payment (DP) atau uang muka.

Meski belum menjabat secara resmi, rancangan program itu telah dilakukan jauh hari atas kerja sama dengan sejumlah pengembang atau developer. “Jadi memang beberapa teman developer ini kan berkonsultasi mengenai program yang kami sampaikan dalam kampanye kemarin. Nah hari ini kami meletakkan batu pertama sebagai simbol pengerjaan program ini sudah mulai berjalan,” ungkapnya dikutip dari Radar Tarakan (Jawa Pos Group), Sabtu (16/2).

Menurutnya, masih banyak janji yang harus dituntaskan. Belum lagi tantangan ke depannya. Sehingga tak perlu ditunda demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Karena kami ingin betul-betul apa yang kami sampaikan sesuai dengan pelaksanaan di lapangan. Jadi sebelum pelantikan tentu sudah berdampak kepada semua, tindakan di lapangan supaya nanti semua program bisa direalisasikan,” tuturnya.

Khairul mengaku jika banyak investor yang menawarkan kerja sama dengan pemerintahan yang akan dipimpinnya. Namun, tawaran-tawaran itu masih dipertimbangkan. Salah satunya, apakah pembangunan rumah DP 0 diikuti dengan meningkatkan jumlah permintaan.

“Jadi nanti terus akan berlanjut, saya kira dari teman-teman investor juga sebenarnya banyak yang mau melaksanakannya. Cuma konsumennya mana. Itu yang selalu dipermasalahkan. Oleh karena itu kami ajak masyarakat untuk mendaftar di program ini,” bebernya.

Selanjutnya, Khairul akan membuka layanan pembelian unit rumah yang lokasinya berbeda. Dengan begitu, masyarakat tidak mengalami kesulitan saat berencana melakukan pembelian.

“Sebenarnya kami berencana membuka satu tempat pendaftaran bersama. Tinggal nanti masing-masing developer yang ikut program ini, taruh semua marketnya di situ. Sesuai visi-misi kemarin program kami 10 ribu rumah,” sebutnya.

Dari 10 ribu unit pembangunan rumah yang direncanakan pemerintahan selanjutnya, sebagian besar dibangun di Tarakan Timur dan Utara. Hal tersebut dilakukan guna pemerataan penyebaran penduduk di Kota Tarakan.

“Pembangunannya nanti sebagian besar terletak di Tarakan Utara dan Tarakan Timur. Dalam 1 tahun idealnya 2 ribu rumah,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur PT Berkah Adam Jasa Abadi, salah satu perusahaan pengembang program tersebut menerangkan jika pembangunan yang baru diresmikan di wilayah Kelurahan Juata Permai berjumlah 300 unit rumah. Pembangunan tersebut dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap 1 sebanyak 200 unit dan pada tahap 2 akan dibangun 100 unit.

“Totalnya 300 unit yaang dilakukan bertahap. Tahap pertama ini 200 unit dan selanjutnya 100. Kalau calon penghuni 200 unit ini sudah ada semua. Artinya memang tempat tinggal merupakan kebutuhan utama masyarakat Tarakan,” tuturnya.

Calon penghuni rumah berasal dari semua golongan. Meski begitu, dikatakannya sebagian besar calon penghuni merupakan masyarakat dari kalangan wiraswasta.

“Berbagai macam kalangan. Guru, nelayan, kebanyakan wiraswasta. Kalau masalah cicilan itu variatif Rp 900 ribu sampai Rp 1,5 juta. Dengan tenggang cicilan 15 sampai 20 tahun,” ujarnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Jpg



Close Ads
Kabar Gembira, Rumah DP Nol Persen Diresmikan, Ditarget 10 Ribu Unit