alexametrics

Jarak LRT Jakarta Pendek, Pengamat: Itu Hanya untuk Rekreasi

16 Februari 2019, 16:30:15 WIB

JawaPos.com – Melihat kereta cepat Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta akan segera beroperasi, Pengamat transportasi Darmaningtyas mengaku tidak terlalu antusias. Sebab, menurutnya LRT Jakarta belum cukup efektif untuk digunakan.

Darmaningtyas melihat idealnya LRT itu adalah moda transportasi untuk jarak jauh. Sedangkan LRT Jakarta hanya dibangun sepanjang 5,8 km. Menurutnya LRT Jabodebek adalah solusi yang paling tepat ketimbang LRT Jakarta.

“LRT itu sebenarnya efektif untuk jarak jauh, misalnya LRT Jabodebek itu baru pas. Menghubungkan bekasi sama Bogor itu pas jauh,” tegas Darmaningtyas saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (16/2).

Jarak LRT Jakarta Pendek, Pengamat: Itu Hanya untuk Rekreasi
LRT saat dilakukan uji coba (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

“Kalau jarak pendek mending orang naik angkot atau naik bus. Ya angkutan untuk wisata saja itu rekreasi, nyambung-nyambungin saja,” imbuhnya.

Menurutnya LRT Jakarta sangat terbatas karena nantinya maksimal hanya akan sampai Dukuh Atas, Sudirman. Bahkan, akan ada kemungkinan dengan adanya LRT Jakarta dapat merebut pengguna Transjakarta koridor 4.

“Itu bisa membunuh BRT-nya koridor 4 kan itu juga melayani Pulogadung, Dukuh Atas lewat Pramuka. Jadi akan saling membunuh, kalau saya nggak recommend,” ungkapnya.

Berbanding terbalik, Darmaningtyas melihat LRT Jabodebek akan mampu berintegrasi baik dengan moda lain karena melayani asal dan tujuan pergerakan. Walau begitu, dirinya berharap agar LRT Jakarta memiliki peminat.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Jarak LRT Jakarta Pendek, Pengamat: Itu Hanya untuk Rekreasi