JawaPos Radar

Trenggalek Kekurangan 1.038 Guru PNS

16/02/2017, 20:20 WIB | Editor: Miftakhul F.S
Trenggalek Kekurangan 1.038 Guru PNS
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Pembelajaran sekolah dasar (SD) di Trenggalek belum bisa berjalan maksimal. Berdasar data di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Trenggalek masih ada kekurangan 545 guru SD.

Kekurangan guru tersebut merata di setiap SD di 14 kecamatan se-Trenggalek. Di antara 14 kecamatan itu, ada satu kecamatan yang paling banyak kekurangan guru. Yakni, di Kecamatan Pule (156 guru), disusul Kecamatan Panggul (155 guru). Meski demikian, dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga tidak bisa berbuat banyak.

’’Kami tidak bisa melakukan apa pun terkait dengan hal ini. Sebab, sejak diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) No 56 Tahun 2012, pejabat pembina dilarang melakukan pengangkatan,’’ jelas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Trenggalek Kusprigianto.

Karena itu, lanjut dia, tidak ada yang bisa dilakukan dikpora selain memaksimalkan seluruh tenaga yang ada. Diprediksi, jumlah kekurangan tersebut terus bertambah mengingat rata-rata setiap tahun ada 100 guru yang pensiun, termasuk guru SD. ’’Kami tetap melaporkan kekurangan ini ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar memberikan jalan keluar terkait dengan hal ini,’’ kata Nanang.

Sementara itu, berdasar data awal 2017, saat ini di seluruh SD, terdapat 2.627 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah 43.823 siswa. Dengan jumlah tersebut, diperlukan 3.813 tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah (Kasek), guru kelas, guru agama, dan guru olahraga. Namun, kenyataannya, sekarang hanya 2.775 guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Untung, kekurangan itu sedikit bisa dicukupi dengan adanya tenaga non-PNS, baik yang masuk database, guru bantu, maupun guru tidak tetap. ’’Jika dihitung dari jumlah tenaga PNS, kami kekurangan 1.038 guru. Namun, untung, sebelum diberlakukannya PP/56/2012, kami memiliki tenaga non-PNS sehingga jumlahnya hanya sekitar 545 guru,’’ ujar Nanang. (jaz/and/c23/diq)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up