alexametrics

Sekda Jabar Bantah Terima Uang Rp 1 Miliar dalam Kasus Meikarta

16 Januari 2019, 16:03:48 WIB

JawaPos.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa disebut-sebut terlibat dalam kasus proyek Meikarta. Dalam persidangan terungkap bahwa Iwa menerima uang sebesar Rp 1 miliar.

Nama Iwa Karniwa disebut oleh mantan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Senin (14/1) lalu. Uang Rp 1 miliar diterima untuk proses penerbitan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD).

Dalam hal ini, Iwa membantah atas kesaksian Neneng, yang mengaku berdasarkan informasi dari Neneng Rahmi. Bahkan Iwa siap dipanggil menjadi saksi di persidangan dan mengklarifikasi fakta yang terjadi soal uang Rp 1 miliar.

“Saya sampaikan, apabila diperlukan saya siap jadi saksi. Tentu saya selaku warga masyarakat yang Insya Allah taat dan patuh terhadap mekanisme yang sedang berjalan,” kata Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Rabu (16/1).

Iwa pun pasrah jika diminta untuk hadir dalam persidangan maka akan memenuhi panggalin itu. Sebab kehadiran dirinya di persidangan diserahkan pada proses yang berjalan dan akan mengungkapkan informasi yang sudah disampaikan saat diperiksa KPK sebagai saksi beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut Iwa, dalam proses perizinan Meikarta di BKPRD Jawa Barat juga perubahan revisi RDTR Bekasi dirinya tidak memiliki kewenangan apapun saat itu. “Ikut rapatnya pun saya tidak pernah,” ujarnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Sekda Jabar Bantah Terima Uang Rp 1 Miliar dalam Kasus Meikarta