alexametrics

Stok Vaksin Terbatas, Hanya 5 Daerah di Jatim Lakukan Vaksinasi Anak

15 Desember 2021, 18:39:34 WIB

JawaPos.com–Meski Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menarget vaksin anak 6–11 tahun dilakukan di 21 kabupaten/kota hari ini (15/12). Namun, hanya ada 5 wilayah yang dapat memulai vaksin anak. Sebab, stok vaksin jenis Sinovac tidak banyak tersedia di kabupaten/kota lain.

Sejatinya, terdapat 21 kabupaten/kota yang bias melaksanakan vaksinasi anak hari ini (15/12). Yakni Kabupaten Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Jombang, Kediri, Lamongan, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Sidoarjo, dan Kabupaten Tuban. Selain itu, Kota Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, serta Kota Surabaya.

Namun, akibat keterbatasan vaksin Sinovac, hanya ada 5 kabupaten kota di Jatim yang dapat menyelenggarakan vaksinasi untuk anak. Yakni Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Ngawi, Kota Pacitan, dan Kabupaten Lamongan.

Berdasar data yang dihimpun JawaPos.com, Kota Surabaya hari ini (15/12) melakukan vaksin pada 25.741 anak 6–11 tahun, Kabupaten Banyuwangi 739 anak, Kabupaten Ngawi 300 anak, Kota Pacitan 300 anak, dan Kabupaten Lamongan sebanyak 512 anak.

Gubernur Khofifah memastikan, kuota vaksin kembali dikirimkan pemerintah pusat. ”Hari ini total 700 ribu vaksin untuk anak-anak yang dikirimkan pemerintah pusat. Akan langsung kami distribusikan ke kabupaten dan kota lain di Jawa Timur,” tutur Khofifah ketika menghadiri kick off vaksinasi anak di SDN Kaliasin 1 Surabaya, Rabu (15/12).

Sebanyak 21 daerah itu terpilih dan bisa melaksanakan vaksinasi anak karena telah mencapai vaksinasi umum di atas 70 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 60 persen serta memiliki stok vaksin Sinovac.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: