alexametrics

Jakmania Tumpah Ruah, Jalan Sudirman-Thamrin Padat Merayap

15 Desember 2018, 11:51:47 WIB

JawaPos.com –  Ribuan suporter Persija Jakarta yang biasa disebut The Jakmania tumpah ruah memadati ruas jalan ibu kota. Pawai kemenangan tim berjuluk Macan Kemenangan membuat laju kendaraan di sejumlah ruas jalur protokol padat merayap, Sabtu (15/11). Pengendara lalu lintas disarankan tidak melewati Jalan Sudirman dan Thamrin selama pawai kemenangan berlangsung.

Pantauan JawaPos.com di Jalan Sudirman-Thamrin, massa Jakmania mulai memadati jalur sejak pukul 10.00 WIB. Titik awal konvoi dari Pintu 1 Stadion GBK sejak pukul 09.00 WIB  menyusuri Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Setelah itu massa berencana berkumpul di Bundaran HI kemudian berkumpul lagi di Monumen Nasional (Monas).

Para suporter The Jakmania berkonvoi dengan berbagai kendaraan. Mulai dari Metromini, mikrolet, kendaraan pribadi, mobil bak terbuka, hingga kendaraan roda dua. Iring-iringan pawai kemenangan Persija ditunjukkan Jakmania dengan berbagai chant dukungan Persija.

Jakmania Tumpah Ruah, Jalan Sudirman-Thamrin Padat Merayap
Pawai kemenangan Persija, Jakmania padati Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Sabtu (15/12) (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

Separator jalur Busway dijebol oleh pengendara barisan konvoi. Akibatnya, Bus Transjakarta di Sudirman-Thamrin pun tampak tak bisa bergerak karena tertutup iring-iringan pawai.

Situasi arus semakin terkendali setelah petugas kepolisian lalu lintas dan petugas Dishub DKI Jakarta melakukan pengalihan arus. Kendaraan yang bukan barisan konvoi dialihlan ke jalur alternatif melalui Dukuh Atas belok ke kiri menuju Tanah Abang hingga ke Rawamangun.

Sementara konvoi berlangsung, petugas Dishub menyarankan pengendara sebaiknya menghindari iring-iringan konvoi The Jakmania yang melintasi jalur Sudirman, MH Thamrin, Bundaran HI hingga menuju arah ke Monumen Nasional.

“Sebaiknya pengendara pribadi, sementara ini jangan melewati jalur Sudirman-Thamrin selama konvoi The Jak berlangsung. Ada jalur alternatif melalui Dukuhbawah,” ujar petugas Dishub, Ardiansyah, saat mengatur lalin di Jalan Sudirman.

Menurutnya, titik keramaian selama konvoi berlokasi di GBK menuju Balaikota. Kemudian, iring-iringan pawai dari Sudirman menuju Thamrin dan Bundaran HI.

“Kepadatan lalu lintas akibat konvoi ini masih bisa diantisipasi. Seperator jalur busway yang dijebol akan diperbaiki. Selama ini masih kondusif. Pukul 12.00 WIB nanti sudah normal kembali,” kata dia.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jakmania Tumpah Ruah, Jalan Sudirman-Thamrin Padat Merayap