alexametrics

Aksi Vandalisme Transjakata Sulit Teridentifikasi, Jakmania Akui Salah

15 Desember 2018, 16:56:04 WIB

JawaPos.com – Aksi vandalisme yang dilakukan oknun Jakmania di badan Bus Transjakarta beberapa waktu lalu idsayangkan berbagai kalangan. Kini, PT Transjakarta kian berhati-hati dan mewaspadai agar tidak terulang kejadian yang sama.

Direktur PT Transjakarta Agung Wicaksono mengapresiasi, atas upaya Jakmania yang mau membersihkan bekas dari coretan di badan bus. Agung menyatakan bahwa proses hukum tengah berjalan dan sedang melengkapi barang bukti.

“Kalau proses hukum jalan, karena memang kalau barang bukti lengkap bisa. Tapi ini lebih penting dibersihkan sama-sama, dijaga sama-sama. Sudah ada (laporan) tapi bukti lengkapnya belum,” terangnya di Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (15/12).

Aksi Vandalisme Transjakata Sulit Teridentifikasi, Jakmania Akui Salah
Jakmania rayakan kemenangan Persija Jakarta (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Untuk mencegah kejadian berulang, Agung menjelaskan akan mengadakan pertemuan kembali dengan Jakmania. Bahkan, bisa jadi akan ada MoU untuk aturan-aturan yang perlu ditaati suporter denga julukan Macan Kemayoran tersebut.

“Akan ada pertemuan-pertemuan lagi. Mungkin kami buat perjanjian kerja sama dan bicarakan kemungkinan seperti apa,” ungkapnya.

Agung pun mengaku bahwa sikap daripada Jakmania sudah lebih dewasa dan dapat dijadikan contoh bagi yang lain. Secara tegas, pada pertemuan dengan Jakmania sebelumnya Agung menyatakan agar aksi vandalisme akan menjadi kejadian pertama dan terakhir.

“Respon mereka satria, legowo, datang, bicara. Minta maaf, sulit identifikasi saking banyak orang, tapi mereka mengakui siapapun itu adalah pendukung Persija,” ucapnya.

Seperti diketahui, aksi vandalisme dari oknum The Jakmania (suporter Persija) menodai kemenangan Persija Jakarta dengan skor 2 – 1 saat bertanding melawan Mitra Kukar. Kali ini, Bus Transjakarta menjadi sasaran dari oknum suporter yang tidak bertanggungjawab.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, jika aksi coret-coret Bus Transjakarta membuat kemenangan Persija Jakarta tercoreng.

“Keberhasilan Persija menjuarai Liga 1 tercoreng, karena aksi vandalisme Bus Transjakarta yang dilakukan oleh oknum yang mencorat-coret Bus Transjakarta,” kata Agung.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)

Aksi Vandalisme Transjakata Sulit Teridentifikasi, Jakmania Akui Salah