JawaPos Radar

Libur Panjang, Sleman Siap Beri Kenyamanan Bagi Pengunjung

Tiket Masuk Tebing Breksi Masih Gratis

15/12/2017, 19:51 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Candi Ratu Boko
WISATA: Sejumlah pengunjung tengah menikmati pemandangan di Candi Ratu Boko. (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman telah berkoordinasi dengan para pengelola tempat parkir di objek-objek wisata untuk menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

Salah satu bentuk koordinasi yang dilakukan yakni dengan memberlakukan tarif parkir sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal itu dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Pasalnya, seringkali ditemui adanya oknum-oknum penjaga parkir yang memanfaatkan momen liburan untuk menaikan tarif seenaknya. "Sudah kami sampaikan kepada pengelola. Kalau masih ada berarti itu oknum," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih, di Kampung Flory Sleman, Jumat (15/12).

Tarif parkir di objek wisata biasanya dikelola oleh para pengelola setempat. Pernah diketahui di kawasan Kaliurang diminta hingga Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Pihaknya pun langsung mengambil tindakan dengan berkoordinasi dengan mereka yang bersangkutan. "Mereka (pengelola) yang akan berhadapan dengan komplain langsung," katanya.

Dikatakan pula, ketika pengunjung merasa dirugikan, selain komplain dengan pengelola juga bisa melalui aplikasi "Lapor Sleman". Teknologi tersebut dapat di download di handphone Android untuk menampung keluhan-keluhan layanan publik.

Dalam perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini pun sudah disiapkan berbagai event kepada wisatawan. Beberapa objek wisata, seperti Kaliurang, Tebing Breksi, Lapangan Panti Asih di Kecamatan Pakem, dan di Balai Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, menggelar berbagai kesenian maupun pentas musik.

Semisal di Kaliurang, dari mulai 23 Desember hingga 7 Januari 2018 mendatang ada festival lampion dan penjor. Diikuti oleh 22 Padukuhan di Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem, dengan menampilkan lampion dan penjor berbentuk flora dan fauna khas lereng Merapi.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Sambirejo, Prambanan, Kholiq Widiyanto menambahkan, Tebing Breksi tetap tak akan memungut tarif masuk selama libur Natal dan Tahun Baru 2018. Mengenai parkir juga tidak ada kenaikan, yaitu sepeda motor sebesar Rp 2.000. Mobil sebesar Rp 5.000, sedangkan bus ditarik Rp 25.000. "Mau hari kerja ataupun libur tidak ada kenaikan," pungkasnya.

 

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up