alexametrics

Kades Saptorenggo Terjerat Kasus Pungli

15 Desember 2017, 22:05:11 WIB

JawaPos.com – Tim Saber Pungli Kabupaten Malang mengamankan Bambang Roni Hermawan, Kepala Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bambang diduga menarik pungutan liar (pungli) dalam pengurusan akta waris dua bidang tanah atas nama Sugeng.

Selain Bambang, turut diamankan pula Kaur Umum Desa Saptorenggo Muhammad Zaeni. Barang bukti yang disita berupa uang Rp 16 juta. Uang tersebut diduga merupakan “pelicin” untuk urusan akta waris.

Penangkapan Kades Saptorenggo pada Kamis (14/12) kemarin, menambah panjang deret pemimpin desa yang berurusan dengan hukum. Berdasarkan data yang dimiliki JawaPos.com, total sudah ada enam desa yang pempinannya terjerat hukum. Rinciannya, Desa Tegalgondo dan Bocek, Kecamatan Karangploso; Klepu dan Druju, Sumbermanjing Wetan; Sukolilo, Wajak dan terakhir Saptorenggo.

Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti menjelaskan, dari enam Kades tersebut tidak semuanya diduga melakukan pungli. “Klepu, Tegalgondo, Bocek dan Sukolilo bukan kasus pungli. Mereka dugaan korupsi Dana Desa/Anggaran Dana Desa,” kata Tridiyah kepada JawaPos.com, Jumat (15/11).

Untuk dua desa lainnya, yakni Druju dan Saptorenggo, ditangkap atas dugaan melakukan pungli. Jika Saptorenggo diciduk oleh tim dari Polres Malang, maka Druju ditangkap oleh Polda Jatim.

Kini, keenam kades masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan. Ada juga yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kepanjen, yakni Kades Klepu.

Editor : admin

Reporter : (tik/JPC)



Close Ads
Kades Saptorenggo Terjerat Kasus Pungli