JawaPos Radar

Baru 2 Bulan Keluar Penjara, Residivis Ini Kembali Dibui Karena Rampas Motor

15/12/2016, 01:30 WIB | Editor: Mochamad Nur
Baru 2 Bulan Keluar Penjara,  Residivis Ini Kembali Dibui Karena Rampas Motor
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com BANDARLAMPUNG - Juanda (26) kembali harus merasakan dinginnya penjara. Tim Tekab 308 Polresta Bandar Lampung ) berhasil menangkapnya  karena telah melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan spesialis pencurian barang milik pengojek dan tukang becak. 

Kapolresta Bandar Lampung Akbp Murbani Budi Pitono dalam eksposenya  mengatakan  pelaku  berhasil ditangkap di kediamannya pada selasa kemarin. 

Ia ditangkap karena melakulan tindak pidana dengan kekerasan yang menyasar pengojek dan juga tukang becak. 

Murbani mengatakan modus yang digunakan Juanda ialah dengan berpura-pura menjadi penumpang ojek dan becak dan meminta diantarkan kesuatu tempat. 

"Di tempat sepi, pelaku meminta korban untuk menghentikan kendaraan dan langsung menodong dengan senjata tajam,"
 ujar Murnani seperti ditulis Radar Lampung (Jawa Pos Group), Kamis (15/12).

Tidak hanya itu saja,  pelaku pernah langsung menghampiri tukang ojek yang sedang mangkal. Dengan mengancam dengan pisau pelaku langsung meminta handphone dan sejumlah uang

Lebih lanjut ia menambahkan pelaku sering beraksi menjelang malam atau keadaan sepi, nah ketika keadaan mendukung pelaku mengambil paksa barang barang milik korban

"Barang- barang yang diambil biasanya benda berharga seperti handphone dan uang. Selain mengambil paksa barang berharga milik korban pelaku dalam beraksi mengancam korban agar tidak berteriak, bila berteriak korban akan dibunuh. Setelah mendapatkan apa yang dimau pelaku langsung melarikan diri.

Akibat melawan saat akan ditangkap dikediamannya pelaku dihadiah timah dikedua kakinya. 

Hasil dari pencurian yang Juanda lakukan digunakan untuk keperluan seharihari. "menurut keterangan dari pelaku ia melakukan penodongan ini karena desakan ekonomi. Menodong pun hasil pencuriannya ini digunakan untuk keperluan seharihari", tutup murbani

Pernah 2 kali masuk penjara, penangkapan terakhir pelaku mengaku kapok

Menurut pengakuan pelaku ia sudah 2 kali masuk kedalam penjara, juga dengan kasus yang sama yakni pencurian.

Yang mengejutkan,  Juanda ini baru saja selesai menjalani hukuman pada bulan Oktober tahun ini. "Belum 2 bulan mas dia baru keluar dari Way Hui, beliau kembali melakukan tindak pidana pencurian," kata Murbani. 

Dalam melakukan aksinya, Juanda  yang  mengggunakan sebilah senjata tajam  tidak segan untuk melukai korbannya. 

"Bila korban  tidak memberikan barang berharganya, pelaku  tidak segan melukai korbannya  mas,"
 katanya.

Untuk aksi pencurian dengan kekerasan yang dilakukan pelaku disangkakan pasal 365 Kuhp dengan ancaman penjara selama 12 tahun.(rl/nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up