alexametrics

Waring Penutup Bau di Kali Item Dicopot, Ini Alasannya

15 November 2018, 14:34:07 WIB

JawaPos.com – Waring hitam yang dipasang untuk menutup Kali Sentiong atau Kali Item saat perhelatan Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu akhirnya dicopot hari ini, Kamis (15/11). Pasukan biru Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah dikerahkan untuk membongkarnya sedari pagi.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan menyatakan, alasan pencopotan waring hitam karena pihaknya akan melanjutkan penataan Kali Item. Untuk penataan bidang aliran Timur, rencananya memang tahun ini ditargetkan sampai dengan Wisma Atlet.

“Saya sudah bersurat dengan Pak Gubernur mohon izin waring hitam kami cabut agar bisa dilanjutkan untuk pemasangan sheet pile (dinding turap beton) untuk sisi kanan dan sisi kirinya,” tutur Teguh di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).

Waring Penutup Bau di Kali Item Dicopot, Ini Alasannya
Pasukan biru mencabut waring yang berfungsi untuk menutup bau di Kali Item (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Setelah pencabutan waring, Teguh akan melanjutkan pengerjaan kontrak pelaksanaan normalisasi. Maka, penerapannya akan dilakukan bertahap mulai dari Kali Grogol hingga Kali Sentiong dengan anggaran Rp 369 miliar.

“Pengerukan nanti ya bertahap, yang pasti pembangunan untuk sheet pile dulu baru pengerukan pastinya,” terang Teguh.

“Soalnya nggak mungkin dikeruk waktu kemarin Asian Games. Karena pas dikeruk 1 meter sudah longsor makanya kelanjutan program kami pasang sheet pile di sana, program naturalisasi,” tambahnya.

Teguh mengakui program ini memang telah dimulai sejak Juni 2018 yang nantinya proses normalisasi akan berakhir di Wisma Atlet sampai dengan batas jembatan sekolah.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rgm/JPC)

Waring Penutup Bau di Kali Item Dicopot, Ini Alasannya