alexametrics

Sekolah Bagikan Kalender Caleg ke Wali Murid, Ngakunya Dititipi

15 November 2018, 16:52:54 WIB

JawaPos.com – Lembaga pendidikan harus terbebas dari keterlibatan dalam kampanye politik. Tapi, sebuah sekolah dasar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, justru ikut mengampanyekan salah seorang calon anggota legislatif (caleg). Guru di sekolah tersebut membagikan kalender caleg kepada seluruh siswa mereka.

Pembagian itu terjadi di SDN 2 Guntung Manggis, Banjarbaru. Kalender yang dibagi memuat gambar caleg DPRD Kota Banjarbaru bernama Rizali Hadi. Kalender tersebut bertulisan Kalender Akademik Pendidikan Kota Banjarbaru. Tentu saja, sebagaimana kalender untuk kampanye, kalender itu dilengkapi nomor urut dan lambang partai pengusungnya, Golkar.

Gracia Maharani, salah seorang siswi kelas IV, kepada Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), membenarkan bahwa mereka mendapatkan kalender caleg dari guru. “Iya, dapat. Guru kelas yang membaginya. Semua teman di kelas lain juga dapat,” katanya.

Hal senada diungkapkan Siti Rahmah, teman sekelas Gracia. “Bagus kalendernya, bisa dipasang di rumah,” ucapnya lugu.

Sayang, saat dimintai konfirmasi, sejumlah guru di sekolah itu menolak berkomentar. “Langsung ke kepala sekolah saja. Saat ini beliau tidak ada di sekolah,” tutur salah seorang guru.

Kepala SDN 2 Guntung Manggis Nurdin membenarkan bahwa sekolahnya membagikan kalender milik salah seorang caleg kepada para murid. “Iya, benar. Tapi, kami hanya dititipi caleg yang bersangkutan. Kata dia, bagikan ke anak-anak supaya tahu ada jadwal ulangan, pembagian rapor, dan hari libur,” dalihnya.

Dia menegaskan, sekolah tidak memiliki kepentingan dengan pembagian kalender yang mereka lakukan. “Kami hanya menjalankan yang dia minta. Membagi kalender pun saat pulang sekolah,” sebutnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Rahma Khairita mengaku belum mengetahui kabar adanya pembagian kalender caleg di sekolah. Menurut dia, hal itu seharusnya tidak boleh dilakukan. “ASN seharusnya netral. Nanti kami cek kebenaran kabar tersebut,” paparnya.

Sementara itu, caleg DPRD Kota Banjarbaru Rizali Hadi yang foto dan datanya ada di kalender tersebut mengelak. Dia menyebutkan bahwa dirinya tak pernah menyerahkan kalender ke sekolah.

Rizali mengaku selama ini hanya membagikan kalender di warung-warung dan rumah warga. “Selain di dua tempat itu, saya tidak membagikan kalender,” bantah pria yang juga menjabat pembina Adiwiyata Kota Banjarbaru itu. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (ris/mof/ay/ran/JPG/c22/fim)



Close Ads
Sekolah Bagikan Kalender Caleg ke Wali Murid, Ngakunya Dititipi