JawaPos Radar | Iklan Jitu

Berkat Ahok, Walau Katulampa Siaga 1, SMAN 8 Kini Bebas Banjir

15 November 2018, 16:47:16 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Berkat Ahok, Walau Katulampa Siaga 1, SMAN 8 Kini Bebas Banjir
Setelah Sungai Ciliwung dinormalisasi, SMAN 8 Bukit Duri terbebas dari banjir (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Program normalisasi sungai sudah dilakukan sejak era Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Dengan program tersebut, kini sebagian warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung sudah tidak kebanjiran lagi.

Salah satunya yakni di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Di lokasi tersebut sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai telah direlokasi ke rumah susun (rusun) pada tahun lalu. Setelah direlokasi, dilakukan pemasangan sheet pile atau dinding turap di sepanjang aliran sungai. 

Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Bukit Duri Sarca Armin mengatakan, setelah dinormalisasi kawasan tersebut sudah tidak lagi terdapat banjir yang meresahkan warga. Terlebih sudah dibangun jalan inspeksi di bantaran sungai.

Berkat Ahok, Walau Katulampa Siaga 1, SMAN 8 Kini Bebas Banjir
Padahal sebelumnya di kawasan Bukit Duri terkenal dengan banjir tidak berkesudahan (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)

"Itu yang dulunya banjir, Alhamdulillah setelah normalisasi tidak lagi banjir. Itu di Jalan Inspeksi Baru meliputi RW 10, 11, dan 12," tutur Sarca pada JawaPos.com Kamis (15/11).

Padahal sebelumnya di kawasan tersebut terkenal dengan banjir tidak berkesudahan. Apalagi jika turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bahkan SMAN 8 Jakarta juga tak luput dari banjir saat Sungai Ciliwung meluap.

"Yang paling parah dulu kan di SMA 8 terkenal tuh banjir. Sekarang walaupun di Bogor siaga 1, di SMA 8 tidak lagi banjir," jelasnya.

Menurut salah satu warga di sekitaran Jalan Inspeksi Baru, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Ondon, 52, dirinya tak was-was lagi saat turun hujan. Sebelum dilakukan normalisasi, ia bersama dengan warga lainnya rutin mengungsi jika permukimannya terendam banjir. Namun kini hal tersebut tidak dirasakan lagi.

"Senang dong, ini bermanfaat sekali untuk warga sekitar. Saya enggak perlu lagi mengungsi kalau ada banjir di sini," ungkapnya.

Pantauan JawaPos.com, di sekitaran Sungai Ciliwung di Jalan Inspeksi Baru, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, terdapat dua alat berat backhoe yang sedang mengeruk pinggiran kali. Ada beberapa sisi yang belum terpasang sheet pile.

(ce1/dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up