alexametrics

Kecelakaan Maut Rombongan Wisata ke Tawangmangu, 2 Orang Tewas

15 Oktober 2020, 08:30:31 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan maut terjadi di wilayah Desa Karangsari, Jatiyoso, Karanganyar, Rabu (14/10) siang. Satu rombongan asal Sukoharjo yang mengendarai minibus menabrak bangunan gapura pembatas Desa Karangsari. Naas, minibus dengan nopol AD 1086 DB tersebut kemudian jatuh ke area persawahan.

Rombongan minibus itu hendak berwisata ke Tawangmangu. Akibat kecelakaan tersebut, 2 orang meninggal, masing-masing pengemudi minibus, Sholikhin, 33, serta satu penumpang bernama Vera, 18, yang duduk di sebelah kiri sopir setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

“Ada 13 orang di dalam minibus. Rombongan berasal dari Sukoharjo, melintasi jalan di wilayah Karangsari, Jatiyoso,” ucap Kapolsek Jatiyoso AKP Subarkah mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi saat ditemui di lokasi kejadian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Solo, minibus dengan nopol AD 1096 DB tersebut membawa 12 penumpang dan satu sopir dari Sukoharjo. Rombongan hendak berwisata ke wilayah Tawangmangu dengan melewati jalan alternatif Jatiyoso-Matesih. Medan jalan alternatif tersebut memang banyak tanjakan maupun turunan dan berkelok-kelok.

Saat mlintas di Desa Karangsari yang berbatasan dengan Desa Wukirsawit dengan kondisi jalan berupa turunan tajam, pengemudi berusaha mengoper persneling dari gigi tiga ke gigi satu. Namun, upaya pengemudi untuk mengoper persneling tersebut diduga gagal. Justru kembali ke posisi netral dan tidak bisa lagi dimasukkan ke gigi satu.

Naas, sistem pada pengereman kendaraan juga mengalami kerusakan. Akhirnya minibus tergelincir dan hilang keseimbangan. Hingga terguling dan kemudian menabrak gapura pembatas desa. Minibus bagian depan dan atas pengemudi mengalami kerusakan yang cukup serius.

“Dugaan sementara memang kendaraan tersebut saat melintasi turunan mengalami kerusakan pada sistem persneling dan pengereman. Sehingga kendaraan oleng ke kanan, kemudian membentur bangunan gapura pembatas desa. Kendaraan nyaris jatuh ke lahan persawahan,” terang Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah, saat ditemui di lokasi kejadian.

Setelah terjadi kecelakaan tersebut, beberapa penumpang yang ada di dalam kendaraan mencoba menyelamatkan diri dengan cara memecah kaca bagian samping kiri dan belakang. Dikatakan Subarkah, untuk penumpang yang selamat saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Maulana Ozar mengungkapkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan, apakah kecelakaan tersebut kesalahan dari pengemudi atau faktor kendaraannya. “Anggota kami telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi yag saat ini berada di rumah sakit,” ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, rombongan dalam minibus tersebut diduga merupakan keluarga besar dan hendak berwisata ke wilayah Tawangmangu. Minibus melintasi jalan alternatif Jatipuro, Jatiyoso, Matesih, hingga Tawangmangu.

Dari data identitas penumpang, rombongan di antranya berdomisili di Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter maupun Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Ada pula penumbang yang diketahui beralamat di Kabupaten Bogor. Dari 11 penumpang yang selamat tersebut, ada dua yang masih balita, masing-masing berumur 2 tahun dan 3,5 tahun.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin




Close Ads