alexametrics

128 Kabupaten/Kota Belum Selenggarakan Kota Layak Anak

15 Oktober 2018, 16:32:32 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyebutkan, sampai saat ini masih ada 128 kabupaten/kota di Indonesia yang belum menyelenggarakan sebagai kota layak anak (KLA). Jumlah ini mencapai 25 persen dari total kabupaten/kota yang sudah menyelenggarakan KLA. Sedangkan kabupaten/kota yang sudah menyelenggarakan KLA mencapai 386. 

“Beberapa penyebab yang membuat kabupaten/kota tersebut belum bisa menyelenggarakan KLA, salah satunya adalah adanya pergantian pimpinan. Mulai dari kepala daerah, kepala OPD dan juga permasalahan lainnya,” terang Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N Rosalin kepada JawaPos.com, Senin (15/10). 

Maka dari itu, Lenny menambahkan, pihaknya mendorong agar 128 kabupaten/kota tersebut bisa segera menyelenggarakan KLA. Terlebih Kemen PPPA menargetkan di tahun 2030 mendatang Indonesia menjadi Layak Anak (IDOLA). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai percepatan kabupaten/kota layak anak (KLA) yang diselenggarakan di Kota Solo selama tiga hari yakni mulai Senin-Rabu (15-17/10). 

“Tujuannya adalah untuk membangun komitmen, berpartisipasi dan peran aktif para pemangku kepentingan untuk percepatan KLA di kabupaten/kota yang belum melakukan inisiasi pembangunan KLA,” terangnya.

Di samping itu juga memberikan contoh pelaksanaan KLA di Kota Solo dan Surabaya sebagai kota penerima penghargaan KLA kategori utama. 

Selain mengadakan Rakor, nantinya para pimpinan dari 128 kabupaten/kota ini juga akan diajak serta mengunjungi sejumlah tempat yang masuk kategori layak anak. Puskesmas, sekolah ramah anak, taman cerdas, radio anak dan juga tempat lainnya. Diharapkan kunjungan bisa dijadikan contoh dalam menyelenggarakan KLA.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
128 Kabupaten/Kota Belum Selenggarakan Kota Layak Anak