alexametrics

1.200 KK Korban Gempa Sulteng Akan Tempati Huntara

15 Oktober 2018, 17:39:02 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mengupayakan tempat tinggal bagi korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebanyak 1.200 kepala keluarga (KK) akan ditempatkan di hunian sementara (huntara). Adapun huntara dibangun di tiga kecamatan di Kota Palu.

“Huntara yang akan dibangun terdiri dari tempat tinggal, sekolah darurat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), tempat ibadah, koperasi, aula, sumber air bersih, penerangan jalan kawasan, tempat pembuangan akhir (TPA), ruang terbuka publik, sirkulasi kendaraan, jalur evakuasi dan titik kumpul,” papar Kepala Bidang Infrastruktur Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Sulteng Arie Sutiadi dalam keterangan resminya, Senin (15/10).

Tiga daerah yang dipilih menjadi kawasan pembangunan huntura salah satunya Kecamatan Palu Barat meliputi Kelurahan Duyu, Silae, Tipo, Buluri dan Watusampu. Kecamatan Palu Selatan di Kelurahan Pengawu, Petobo dan Kawatuna. Lalu di Kecamatan Palu Timur, tepatnya di Kelurahan Talise.

Dipilihnya tiga kecamatan di Kota Palu sebagai tempat pembangunan huntura tak terlepas dari kondisi keamanan, khususnya dampak bencana. Satgas telah memastikan bahwa lokasi tersebut aman.

Sesuai target Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, pembangunan huntara harus rampung selama dua bulan. “Huntara hanya untuk pemakaian selama masa rehabilitasi dan rekontruksi huntap (hunian tetap),” ucapnya.

Terpisah, Gubernur Sulteng Longki Djanggola meminta agar model pembangunan huntara tidak berbeda antara satu penghuni dengan lainnya. Dia juga mengharapkan seluruh instansi teknis lingkup Pemprov Sulteng dan Kementerian Sosial dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang menempati Huntara.

“Masyarakat yang mengungsi di tenda-tenda akibat rumahnya sudah hancur dan roboh, dapat sementara tinggal di huntara. Menunggu huntap dapat dibangun,” tutur Longki.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
1.200 KK Korban Gempa Sulteng Akan Tempati Huntara