JawaPos Radar

Tumbuhkan Desa Wisata Baru, Begini Aksi Pemkab Malang

15/10/2017, 00:15 WIB | Editor: Soejatmiko
Even Pesona Desa Wisata 2017
Bupati Rendra Kresna menunjukkan hasil mewarnai wajah topeng bapang joyosentiko di Pesona Dewi, Sabtu (14/10) (Foto: Angga/Disparbud Kabupaten Malang)
Share this image

JawaPos.com - Upaya Pemkab Malang dengan branding wisata ‘Heart of East Java’ terus digulirkan dengan berbagai kreasi dan event yang tak ada hentinya. Hampir setiap bulan ada saja event wisata yang dilakukan.

Setelah Pesona Gunung Kawi yang dilaksanakan September lalu, kini giliran desa-desa di Kabupaten Malang diajak untuk menyaksikan suksesnya desa wisata mengelola wisatanya dengan event bertajuk ‘Pesona Desa Wisata 2017’ atau Pesona Dewi.

Event itu digelar di  desa wisata Sanankerto, Kecamatan Turen. Even ini menampilkan kesuksesan 15 desa wisata di Kabupaten Malang. ‘’Kami ingin desa-desa lain yang punya potensi wisata, bisa melihat kesuksesan desa wisata yang sudah ada,’’ kata Bupati Malang Rendra Kresna, usai membuka Pesona Dewi, Sabtu (14/10).

Serahkan bantuk sepeda air
Oneng Setya Harini mewakili Kemenpar menyerahkan Dua unit sepeda air berbentuk angsa pada Ekowisata Boonpring Andeman. (Angga/Disparbud Kabupaten Malang)

Event Pesona Dewi ini dikemas selama tiga hari, hingga hari Senin (16/10). Puncaknya bersamaan acara bersih Desa Sanankerto dengan menggelar 1001 tumpeng.

Bupati Rendra sendiri mengharapkan dengan even Pesona Dewi ini, desa-desa yang belum menjadi desa wisata terinspirasi menjadikan wilayahnya sebagai desa wisata. "Desa wisata tidak harus memiliki panorama alam yang indah. Tapi seni budaya, kerajinan, kuliner, bersumber dari kearifan lokal yang terus digali, bisa menjadikan sebuah desa menjadi desa wisata," katanya.

Selama tiga hari itu, 15 desa wisata Kabupaten Malang memamerkan produk-produk unggulan mereka. Tentu saja daya tarik wisata juga mereka tampilkan pada ruang pamer berupa gazebo yang berderet sepanjang hampir 1 km di Jalan Raya Desa Sanankerto.

Disparbud Kabupaten Malang juga mengundang sejumlah desa wisata dari kota lain. Di antaranya dari Madiun, Ngawi, Pacitan, Magetan, dan Jogjakarta.

Pada kesempatan itu hadir pula Asisten Deputi Bidang Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kemenpar, Oneng Setya Harini. "Event ini cukup kreatif untuk memacu desa lainnya agar bisa menjadi desa wisata," katanya di sela-sela acara peninjauan stand peserta Pesona Dewi.

Oneng mewakili Kemenpar juga menyerahkan bantuan untuk pengembangan Ekowisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto. Bantuan itu berupa dua unit sepeda air berbentuk angsa terbuat dari fiber dan dua unit motor roda tiga dengan bak di belakang untuk angkutan ringan.

 

(tik/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up