alexametrics

Soal Vaksin Rubella, Jokowi: Ini demi Kebaikan Masyarakat

15 September 2018, 23:01:00 WIB

JawaPos.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) bisa berjalan dengan baik di seluruh daerah di Indonesia. Menurutnya, pemberian vaksin tersebut demi kebaikan masyarakat dan juga generasi muda. 

“Vaksin Rubella ini demi kebaikan masyarakat, demi anak-anak kita, demi kebaikan generasi muda ke depannya,” tegasnya di sela melihat langsung persiapan para atlet Asian Para Games (APG) di Hartono Trade Center (HTC) Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (15/9).

Jokowi juga mengungkapkan bahwasanya, program imunisasi ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat Indonesia sepenuhnya. Dan tidak ada kepentingan lain di balik pelaksanaan imunisasi ini. 

Imunisasi MR
Jokowi juga mengungkapkan bahwasanya, program imunisasi ini ditujukan untuk kepentingan (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Maka dari itu, imunisasi Rubella ini diharapkan bisa dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia. Mengingat, pentingnya pemberian vaksin MR terhadap anak demi masa depan mereka. “Ini bukan untuk siapa-siapa,” kata mantan Wali Kota Solo tersebut.

Seperti diketahui, pemberian vaksin Rubella ini tidak berjalan dengan baik. Bahkan ada beberapa daerah yang enggan untuk menyukseskan program imunisasi rubella tersebut. Padahal, Rubella cukup berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya bagi anak saja, tetapi juga bisa mengancam ibu hamil. Hal ini karena janin yang terinfeksi rubella bisa melahirkan anak dengan kecacatan.

Keengganan masyarakat atau orang tua untuk ikut program imunisasi ini salah satunya disebabkan karena adanya kandungan babi di dalam vaksin tersebut. Sehingga, muncul anggapan bahwa vaksin tersebut haram diberikan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Soal Vaksin Rubella, Jokowi: Ini demi Kebaikan Masyarakat