alexametrics

Seperti Sungai di Korsel, BBWSCC: Penataan Dulu, Baru Air Bisa Bersih

15 September 2018, 15:55:41 WIB

JawaPos.com – Dalam melakukan program penataan sungai Ciliwung, perlu ada upaya-upaya seperti normalisasi dalam prosesnya. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSC), Bambang Hidayah mengatakan utamanya dalam melakukan pengendalian debit banjir.

Menurutnya, normalisasi Sungai Ciliwung yang akan dilakukan lebih kepada pengendalian kuantitas air seperti mencegah volume air yang besar atau banjir dari sungai Ciliwung. Yang dipastikan olehnya tidak bisa dikendalikan.

“Kita hanya bisa mengurangi dampak ke masyarakat dan infrastruktur sekitar tanggul dan bantaran sungai, fasilitas umum, pemukiman. Pengendalian volume air banjir kalau bicara normalisasi,” terangnya kepada JawaPos.com, Sabtu (15/9).

Jika berbicara penataan, Bambang melihat upaya yang dilakukan harus menyeluruh. Seperti penunjukkan pihak-pihak yang mengelola sampah masyarakat, limbah industri, maupun kotoran manusia yang memang tidak diperkenankan langsung terbuang ke sungai.

“Itu terintegrasi terpadu dengan instansi yang lain, soal penataan. Jadi harus penataan dulu, baru bisa menghasilkan air bersih,” tegasnya.

Maka dari itu, Bambang tidak pesimis untuk mewujudkan impian Presiden Jokowi. Sebab, jika dilakukan dengan komitmen bersama antar Kementerian dan Pemerintah Pusat sungai bersih Ciliwung akan terwujud walau tidak dalam jangka waktu dekat.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/JPC)


Close Ads
Seperti Sungai di Korsel, BBWSCC: Penataan Dulu, Baru Air Bisa Bersih