alexametrics
Ciliwung Seperti Sungai di Korsel

Mewujudkan Keinginan Jokowi Butuh Waktu 30 Tahun

15 September 2018, 11:30:44 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta mengakui, tidak mudah mewujudkan impian Presiden Jokowi untuk membuat Sungai Ciliwung seindah Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Sebab, membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Rodia Renaningrum menyatakan, upaya-upaya bersama perlu dilakukan oleh Pemprov DKI dan masyarakat. Mulai dari kebiasaan pembuangan sampah hingga pada program yang jelas dan terinci oleh Pemprov DKI.

“Ya kalau seperti Korea Selatan yang saya tahu sih 30 tahun baru beres. Itu pun harus dengan komitmen semua jajaran, semua lini. Bukan bebannya satu SKPD saja,” kata Rodia di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Jumat (14/9).

Mewujudkan Keinginan Jokowi Butuh Waktu 30 Tahun
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up menuju Plaza Cheonggeyecheon. (Media Sekretariat Presiden)

Menurutnya, jika infrastruktur dibangun sedemian rupa namun masyarakat tidak peduli, akan sia-sia saja. Jadi, Rodia menekankan perlu adanya pembinaan untuk masyarakat agar timbul rasa memiliki bersama terrhadap sungai dan kali di sekitarnya.

“Kita bangun infrastruktur, tapi kalau masyarakatnya nggak care ya sama juga bohong. Sekarang mau seberapa banyak uang yang kita keluarkan untuk infrastruktur, kemudian masyarakat tidak ikut menjaga, gimana?” tegasnya.

Dikarenakan aliran Sungai Ciliwung tidak hanya di DKI Jakarta, maka Rodia akan lebih merangkul Pemerintah Daerah lainnya seperti Jawa Barat dan Tangerang. Sehingga, bisa dilakukan penataan dari hulu ke hilir. Karena kalau tidak dikerjakan bersama, penyelesaiannya bisa lebih dari 30 tahun.

“Saya bilang istilahnya ngawinin Pemprov DKI, Jawa Barat, Tangerang sana kan. Kali Ciliwung bentangannya panjang kan dari ujung ke ujung, cuma DKI dapat yang di tengahnya, di hulu sama di hilir kan enggak,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up menuju Plaza Cheonggyecheon. Jokowi dan Iriana bersama peserta jalan kaki melewati underpass integrasi stasiun kereta api bawah tanah dan pertokoan.

Di penghujung jalan sebelum menyusuri tepi sungai, Jokowi disambut Wali Kota Seoul Park Won Soon. Sambil berbincang dengan Park Won Soon, melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Jokowi berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta.

“Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau Sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa. Tahun 2003 sungainya juga sama seperti Ciliwung dan dengan waktu 2 tahun 3 bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta,” kata Jokowi kepada para jurnalis dikutip dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rgm/JPC)


Close Ads
Mewujudkan Keinginan Jokowi Butuh Waktu 30 Tahun