JawaPos Radar

Uji Coba, LRT Jakarta Lintasi 5 Stasiun dengan Kecepatan 40 KM Per Jam

15/08/2018, 17:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Uji Coba, LRT Jakarta Lintasi 5 Stasiun dengan Kecepatan 40 KM Per Jam
Uji coba LRT Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melakukan uji coba operasi light rail transit (LRT) Jakarta perdana hari ini, Rabu (15/8). Kereta dengan rute Velodrome-Kelapa Gading itu melayani penumpang internal dari PT Jakpro dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Pantauan JawaPos.com, penumpang mulai memadati Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur pukul 14.00 WIB. Mereka dibagikan sticker bertuliskan “LRT Jakarta Uji Coba Operasi 15 Agustus-14 September 2018”.

Sebelum memasuki kereta, Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mem-briefing para peserta uji coba operasi. Dia mengapresiasi seluruh pihak terkait yang membantu proses penyelesaian infrastruktur moda transportasi berbasis rel tersebut.

Uji Coba, LRT Jakarta Lintasi 5 Stasiun dengan Kecepatan 40 KM Per Jam
Uji coba LRT Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Menurutnya, banyak masyarakat yang sudah menantikan operasional LRT. “Kita sampaikan secara teknis sudah berjalan, nanti bisa dirasakan bersama siang,” ujar Alan sebelum menaiki kereta.

Uji operasi kali ini menjalankan dua trainset atau rangkaian dengan masing-masing terdiri dari dua kereta. Penumpang mulai masuk ke dalam LRV sekitar pukul 14.55 WIB sebelum dijadwalkan berangkat tepat pada 15.00 WIB.

Memasuki dalam kereta, seluruh fasilitas kereta berkapasitas 135 penumpang per gerbong itu terlihat sudah lengkap. Namun, lantai kereta masih beralaskan triplek coklat agar tidak kotor.

Kursi penumpang bermaterial plastik berwarna abu-abu dengan desain memanjang dan saling berhadapan. Pada sisi kacanya, tertulis kursi prioritas yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, lansia, dan orang tua yang membawa balita.

Penumpang terlihat tidak sabar hingga masinis mengumumkan kereta akan segera berangkat. Pukul 15.00 WIB, LRV berjalan dari Stasiun Velodrome melewati Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan, dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Boulevard Utara.

Dengan kecepatan rata-rata 20-40 kilometer per jam, kereta tiba di stasiun terakhir pukul 15.15 WIB dan kemudian bersiap untuk kembali. Sepuluh menit kemudian, pukul 15.27 WIB kereta sampai di Velodrome lagi.

“Alhamdulillah,” kata penumpang seraya bertepuk tangan.

Sebagai informasi, infrastruktur LRT saat ini mencapai 91 persen. Baru dua stasiun yang beroperasi, yakni Velodrome dan Boulevard Utara yang berada di depan Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lintasan LRT dibangun sepanjang 5,8 kilometer dengan anggaran mencapai Rp 7,4 triliun.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up