alexametrics

Soal Gaji ke-13, Wali Kota Belum Tahu Kapan Akan Dibayar

15 Agustus 2018, 15:10:47 WIB

JawaPos.com – Kepastian kapan tunjangan kinerja (Tukin) dari item gaji ke-13 bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batam tampaknya belum akan dibayarkan. Hal ini disampaikan Wali Kota Batam HM Rudi.

Rudi mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam belum mencukupi. Bahkan utang Batam masih menumpuk.

“Belum tahu kapan (pembayaran tukin) kita masih lakukan perhitungan, PAD Kita belum mencukupi juga,” kata Rudi usai menghadiri acara gladi resik upacara HUT ke-73 RI di Alun-alun Engku Putri, Batam Centre, Batam pada Rabu (15/8).

Ia melanjutkan, saat ini Pemkot Batam mengupayakan peningkatan pendapatan daerah. Batam yang tidak memiliki sumber daya, harus memaksimalkan potensi pajak untuk meningkatkan pendapatan.

Sejatinya pembayaran tukin ini harus diserahkan kepada 5.623 ASN di Batam pada bulan Juli lalu. Hanya saja biaya tukin yang yang mencapai Rp31 miliar belum bisa dipenuhi. Padahal sudah banyak kegiatan dan program yang dipotong.

Dalam waktu dekat, Rudi akan membentuk tim pengawas untuk memastikan wajib pajak tepat waktu melakukan pembayaran pajak. Begitu juga dengan usaha-usaha yang belum terdaftar dan memiliki Nomor Wajib Pajak Daerah (NWPD).

“Nanti akan kita cek, kalau tidak sesuai aturan akan kita tindak,” kata Rudi lagi.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (bbi/JPC)



Close Ads
Soal Gaji ke-13, Wali Kota Belum Tahu Kapan Akan Dibayar