JawaPos Radar

Stiker Pendukung Penerapan Syariat Islam Hiasi Pintu Terduga Teroris

15/06/2018, 01:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Penangkapan Terduga Teroris
SUARA TEMBAKAN- Sejumlah anggota Densus 88 Antiteror saat melakukan penangkapan terhadap J alias SM, Kamis (14/6) malam (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Terduga teroris berinisial J alias SM warga Dusun Serangan, Blulukan, Colomadu, Karanganyar dikenal tertutup oleh warga sekitar. Selain jarang bersosialisasi, J juga jarang terlihat beraktivitas di rumah.

Padahal, J sudah tinggal di kampung tersebut sudah cukup lama hingga mempunyai seorang anak. Ketua RT setempat, Hartono mengaku tidak begitu mengenal sosok J. Meski begitu, dirinya mengatakan bahwa J sudah berdomisili di kampung tersebut.

"Kalau sosoknya kami juga tidak begitu mengenal, karena memang jarang bersosialisasi dengan masyarakat. Tetapi kalau untuk kependudukan, dia sudah mempunyai kartu keluarga (KK) di sini," ungkapnya saat ditemui JawaPos.com usai penangkapan, Kamis (14/6) malam. 

Penangkapan Terduga Teroris
STIKER: Stiker bertuliskan huruf Arab menghiasi daun pintu rumah milik J. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Hal ini juga diakui oleh tetangga lainnya, Suparno. Menurut kakek 66 tahun tersebut, J memang jarang berkumpul dengan warga sekitar. Meskipun banyak warga yang berkumpul di pos ronda, J jarang terlihat.

"Kalau bekerjanya di mana saya juga tidak tahu, tapi jarang berada di Serangan," ucapnya. 

Selama ini, J alias SM tinggal di rumah mertuanya. Lokasi rumah J berada tidak jauh dari tempat pemakaman umum (TPU) kampung. Rumah yang selama ini ditinggali J bersama istri, anak dan keluarga istrinya cukup sederhana.

Di samping timur rumah J terdapat jajaran kandang ayam. Sementara di daun pintu rumah terdapat sebuah stiker bertuliskan huruf arab dengan gambar pedang di bawahnya. Di bawah pedang tersebut terdapat sebuah tulisan "Pendukung Penerapan Syariat Islam".

Selain itu, ada stiker lain bertuliskan "Indonesia Damai Tanpa JIL (Jaringan Iblis Laknatullah). Tidak hanya di daun pintu, ternyata di dalam kamar juga terdapat sebuah bendera yang hampir mirip dengan stiker bertuliskan huruf Arab tersebut.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up