JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kembali ke Fitrah

Sekda Kota Malang Kangen Ngerumpi di Perjalanan

15 Juni 2018, 07:00:59 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Sekda Kota Malang
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Momen Lebaran kerap dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul keluarga. Tak terkecuali bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto.

Menurutnya, momen paling bahagia ketika lebaran adalah ketika bisa merasakan pulang kampung bersama keluarga dalam satu mobil. "Ngerumpi dalam perjalanan, gojlok-gojlokan (saling ejek dalam konteks bercanda) dengan istri dan anak, saling berdiskusi," ujar Wasto pada JawaPos.com.

Kebahagian akan bertambah ketika bertemu dengan orang tua dan sanak saudara. "Senengnya pol," ucap pria yang terbiasa mudik ke Gunung Kidul, Jogjakarta itu.

Ada beberapa tradisi yang dilakukan Wasto saat lebaran. Salah satunya nyekar atau ziarah ke makam. "Bagi saya, sebuah ketenangan batin setelah nyekar di makam orang tua dan ketenangan pulang kembali ke Malang lebih terbentuk," jelas mantan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang itu.

Selain nyekar, tradisi lainnya yakni berkeliling ke orang-orang dhuafa. Terutama yang jompo untuk memberikan sedikit santunan. "Berikan sedikit santunan dan dorongan serta motivasi. Dongane wong koyo ngono iku mandi pol (Doa orang seperti itu sangat mujarab). Jadi kalau diberi sedikit, doanya banyak," ujarnya sembari tersenyum.

Tak jarang, Wasto merasa iba dan terharu dengan kegiatan tersebut. "Kadang juga malu pemberiannya tidak seberapa. Seandainya terkabul, masya Allah luar biasa," ungkapnya.

Biasanya, Wasto melakukan perjalanan mudik setelah melaksanakan salat ied di Malang. Setelah sampai di kampung, dilanjutkan dengan sungkem kepada mertua. Setelah itu dilanjut ke sanak saudara.

Kemudian pada hari kedua Lebaran, Wasto pasti menyempatkan untuk memakan tongseng buatan orang rumah. "Setelah itu ya jalan-jalan bareng keluarga dan saudara. Kemudian balik ke Malang," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up