JawaPos Radar

Mantan Presiden Parpol Jadi Khatib, Gubernur Pindahkan Lokasi Salat Id

15/06/2018, 02:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Mantan Presiden Parpol Jadi Khatib, Gubernur Pindahkan Lokasi Salat Id
Ilustrasi: Gubernur Sumbar Irwan Prayino pindahkan lokasi salat id ke Masjid Raya Sumatera Barat. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kota Padang sejak beberapa hari terakhir diguyur hujan. Akibatnya sejumlah agenda yang berkaitan dengan hari Raya Idul Fitri pun berubah. Salah satunya lokasi salat id yang semula di lapangan Gubernur Sumbar terpaksa dipindahkan ke Masjid Raya Sumatera Barat.

Pemindahan lokasi itu diungkapkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. "Lapangan becek usai diguyur hujan. Rasanya tidak memungkinkan untuk salat Idul Fitri. Makanya, kami sepakati pindah ke Masjid Raya saja," kata Irwan kepada wartawan di sela-sela mengikuti Takbiran menyambut Idul Fitri.

Adapun salat Id di Sumbar ini mendaulat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Titaful Sembiring sebagai khatib.

Mantan Presiden Parpol Jadi Khatib, Gubernur Pindahkan Lokasi Salat Id
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beberapa waktu lalu. (Ryan Darmawan/Padang Ekspres/Jawa Pos Group)

Sebelumnya, sejak Kamis (14/6) siang hingga malam hujan tak henti-hentinya mengguyur Kota Padang dan sejumlah daerah lainnya. Sebetulnya hujan menguyur Kota Padang sejak tiga hari terakhir. Akibatnya halaman Kantor Gubernur Sumbar jadi becek. Hal itu tidak memungkinkan digelarnya salat id di lokasi tersebut. Hal itulah yang mendasari Irwan Prayitno memindahkan lokasi salat ke Masjid Raya Sumatera Barat. 

Sementara itu, Kamis (14/6) malam, Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) menggelar takbiran dengan tema "Sumarak Syawal" di halaman kantor gubernur. Takbiran itu menjadi rangkaian penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah,

Acara takbiran di bawah guyuran gerimis itu dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wagub Narsul Abit. Keduanya didampingi oleh istri masing-masing. Turut hadir pula unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar. Semuanya larut dalam menyuarakan lantunan takbir yang diiringi tabuhan gendang dan beduk.

Kegiatan yang dimotori Dinas Pariwisata Sumbar itu juga mendatangkan penyanyi jebolan Liga Dangdut Indonesia (Lida) Arif dan pentolan ajang pencarian bakat KDI, Khairat. Kedua pedangdut itu sengaja didatangkan panitia untuk menambah semaraknya penyambutan hari kemenangan umat Islam sedunia itu.

Irwan Prayitno mengungkapkan, budaya takbiran sudah lama berkembang di kalangan umat Muslim Indonesia, termasuk di Sumbar, Pemprov Sumbar setiap tahun selalu mengagendakan takbiran bersama masyarakat.

Tahun lalu, takbiran bersama dipusatkan di Masjid Raya Sumbar. "Sengaja kita pusatkan satu tempat. Agar lebih terasa. Daripada takbiran di jalanan, bisa berisiko kecelakaan," terang gubernur yang merupakan kader PKS itu.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up