JawaPos Radar

Kembali ke Fitrah

Luangkan Hari Pertama Lebaran untuk Keluarga

15/06/2018, 04:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Wali Kota Surabaya
Wali Kota Tri Rismaharini usai menggelar apel siaga pengamanan kota di Taman Surya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tak semua orang memanfaatkan momen Idul Fitri untuk pulang ke kampung halaman. Salah satunya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Sebagai pempinan di Kota Pahlawan, Risma justru semakin sibuk. Dia harus menyiapkan segala sesuatunya. Khususnya terkait keamanan kota dan kesiagaan semua aparatur sipil negara (ASN).

Maklum, Surabaya baru saja diguncang aksi bom bunuh diri. Risma pun masih merasakan pengalaman pahit yang melanda Kota Pahlawan. "Ya, bedanya (Idul Fitri tahun lalu) dengan tahun ini agak sedikit was-was. Karena itu (tragedi bom)," kata Risma saat ditemui JawaPos.com.

Meski tidak pulang kampung ke Kediri, Risma mengaku masih menyempatkan diri untuk ketemu keluarga di Surabaya. Biasanya pada hari pertama Lebaran, Risma meluangkan waktu bersama keluarga waktu hingga pukul 12.00 WIB.

Setidaknya dua kali sehari. Saat siang dan sore hari. Setelah hari kedua dan ketiga Lebaran, Risma lebih banyak berkutat pada aktivitas kedinasan. "Ya, memang nggak ada pembantu di rumah. Jadi pukul 06.00 WIB sudah berangkat," tuturnya.

Keluarga pun mendukung penuh atas tugasnya sebagai wali kota. Terutama, dalam hal melakukan rutinitas menjaga kondusifitas kota. Namun, Risma juga rindu dengan kemeriahaan saat masa puasa. Terutama saat salat berjamaah bersama rekan kerja di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya.

Berbeda dibanding saat hari biasa. Risma mengaku rutin beribadah salat malam seorang diri. "Ramadan itu rasanya lebih banyak teman. Karena selama ini (salat) sendirian. Nah, (saat Ramadan) saya dan teman-teman juga pergi ke masjid bareng," tuturnya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up