JawaPos Radar

Cuaca Panas dan Berdebu, Pemudik Diimbau Memakai Masker

15/06/2018, 17:09 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Jalan Tol
ILUSTRASI: Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mengimbau masyarakat agar menggunakan masker saat bepergian. Hal itu, untuk mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut saat musim kemarau. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mengimbau masyarakat agar menggunakan masker saat bepergian. Hal itu, untuk mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut saat musim kemarau.

Cuaca panas dan berdebu dikhawatirkan dapat memicu terjadinya peningkatan kasus infeksi pernapasan akut (ISPA), infeksi mata, diare dan lainnya. Terlebih musim kemarau tahun ini, bertepatan dengan arus mudik lebaran, dimana debu di jalanan banyak yang beterbangan. 

"Musim kemarau sangat berpotensi adanya peningkatan polusi udara. Sehingga ISPA mudah menjangkiti masyarakat khususnya balita dan lansia yang memiliki daya tahan tubuh lemah," terang Kebid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan bojonegoro, Totok Ismanto, belum lama ini.

Jika banyak udara kotor terhirup pernafasan. Maka sangat mungkin mengakibatkan gangguan saluran pernafasan. Akibat lainnya, dari musim kemarau adalah diare lantaran akibat buruknya kualitas air yang dikonsumsi.

Totok menambahkan, meski belum ada angka penderita ISPA dan diare di Bojonegoro, namun kedua penyakit itu harus diwaspadai dan sebisa mungkin harus dilakukan pencegahan. Sebab, jika terus dibiarkan bukan tidak mungkin akan merenggut nyawa sesorang.

"Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja karena kondisi udara kering dan berdebu serta kualitas air yang juga mengalami penurunan. Untuk itu, seluruh pihak baik warga maupun pemerintah harus bersama-sama mencegah terjadinya penyakit yang kejadiannya identik dengan musim kemarau itu," tambahnya.

Karena itu, lanjut dia, masyarakat harus meningkatkan pola hidup sehat, agar daya tubuh semakin kuat mencegah berbagai penyakit selama musim kemarau. Baik dari segi menjaga gizi agar berimbang maupun membuang sampah maupun BAB pada tempatnya. "Kami meminta masyarakat menggunakan pelindung mulut, mata dan perbanyak mengkosumsi air putih, buah-buahan dan makanan yang sehat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, jika terinfeksi ISPA ataupun diare untuk segera berobat ke puskesmas, rumah sakit ataupun pusat pelayanan kesehatan lainnya. Karena, virus ini sangat mudah menular. Sehingga penderita harus segera berobat untuk menekan jumlah kasus ispa dan diare di lingkungan tempat tinggalnya. "Segera lakukan pertolongan pertama. Seperti minum obat sesuai resep yang diberikan dokter" tutupnya.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up