alexametrics

Hujan di Hulu, Permukiman di Pinggir Sungai Deli Medan Banjir

15 Mei 2021, 07:09:59 WIB

JawaPos.com – Hujan yang melanda daerah hulu pada Sabtu dini hari (15/5) membuat kawasan permukiman di Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, banjir. Banjir tersebut merupakan banjir kiriman.

Akibat hujan yang mengguyur sekitar pukul 02.00 WIB itu, permukiman di sekitar tepi Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun.

Mendengar kabar adanya banjir, Wali Kota Medan Bobby Nasution pun langsung turun ke lokasi pukul 04.00 WIB dan mengecek langsung pintu kanal di Kecamatan Medan Johor. Di samping itu juga memantau kondisi permukiman yang terdampak banjir di tepi Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun.

“Sebenarnya malam ini hujan tidak terlalu deras, tapi ada kiriman dari hulu sehingga Sungai Deli meluap dan air masuk ke rumah-rumah warga. Tapi ini menjadi tanggung jawab Pemkot Medan,” kata Bobby Nasution kepada wartawan, Sabtu (15/5).

Baca juga: Wali Kota Bobby Tinjau Warga Terdampak Banjir pada Idul Fitri

Bobby pun meminta aparatur kecamatan dan kelurahan di sekitar kawasan banjir membantu warga untuk yang mengungsi. Di antaranya mendirikan dapur umum untuk mensuplai kebutuhan logistik atau makan para pengungsi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama jajaran meninjau kawasan permukiman yang terdampak banjir di Kecamatan Medan Maimun akibat luapan Sungai Deli, Sabtu dini hari (15/5). (Pemkot Medan for JawaPos.com)

“Kami minta camat, lurah, dan kepling untuk membantu warga. Jangan sampai ada warga yang tidak makan. Setelah banjir surut kita minta seluruh aparatur gerak cepat membersihkan lingkungan,” tegas menantu Presiden Joko Widodo itu.

Selanjutnya, Bobby bakal berkoordinasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II untuk mengendalikan air kiriman dari hulu. “Dari awal kita telah berkolaborasi dengan BWS. Ke depan kita akan terus perkuat agar kita bisa semakin maksimal dalam mencegah banjir kiriman dari hulu,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads