alexametrics

Anies Teken Kerjasama Buka Puasa Bersama Untuk 242 Rukun Tetangga

15 Mei 2019, 08:13:00 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng sejumlah elemen masyarakat seperti, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Duafa dan Rumah Zakat untuk kembali menggelar serangkaian kegiatan buka puasa bersama untuk warga Jakarta yang diberi tema ‘Berbuka Bersama Jakarta Bahagia (BBJB)’. Program ini akan menyasar puluhan rukun tetangga (RT) di dua wilayah, yakni Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Sementara itu untuk seluruh ibu kota program ini akan menyasar masjid-masjid yang berlokasi di 242 RT.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ketimpangan sosial masih terjadi hampir di setiap kota besar, terutama di seantero Jakarta. Ketimpangan itu dapat dilihat dari sisi jarak antar kota yang semakin tipis, sementara perbedaan di dalam kotanya semakin besar bahkan meluas.

“Banyak yang mengadakan buka puasa bersama, di waktu yang sama banyak juga makanan sisa yang terbuang. Padahal, di waktu yang sama pula, banyak warga yang berbuka tanpa mengkonsumsi secuil pun nasi,” ungkap Anies saat acara penandatanganan kerja sama di Balai Agung Pemprov DKI Jakarta, Selasa (14/5).

Berjalannya program ini untuk kedua kalinya diharapkan bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan ketimpangan sosial tersebut. Anies berharap, kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat dan lembaga kemanusiaan bisa terus terjadi. Sehingga akan ada lebih banyak lagi warga yang bisa merasakan kebahagiaan bulan suci Ramadan.

“Saya merasakan langsung di lapangan bagaimana rasa bahagia itu terasa, apalagi kalau menyaksikan lansia dan anak-anak. Mereka bisa merasakan makanan berbuka puasa yang lebih baik, mungkin jauh dari apa yang biasa mereka konsumsi,” kata Anies.

“Saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menunaikan pahala lewat memberikan kebahagiaan kepada mereka lewat panganan terbaik untuk berbuka bersama,” imbuhnya. BBJB tahun ini digelar sama dengan tahun sebelumnya, yaitu berbentu dapur umum.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Vice President ACT Ibnu Khajar saat melakukan penandatangan kerja sama Buka Bersama Jakarta Bahagia dengan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/5). (ACT For JawaPos.com)

Vice President ACT Ibnu Khajar mengatakan, Dapur Umum BBJB nantinya akan melibatkan masyarakat di masing-masing RT untuk ikut berkontribusi. Hal ini dimaksudnya untuk menekan angka ketimpangan yang selama ini terjadi.

“Mungkin bagi kita yang orang biasa, berbuka puasa bukan sesuatu yang sulit, berbeda bagi mereka yang kurang mampu, itu menjadi sangat luar biasa,” ucap Ibnu.

Adanya program yang menyentuh langsung masyarakat kecil ini juga diharapkan bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Terutama dalam hal pemenuhan gizi sehari-hari. “Semoga kami bisa terus melayani masyarakat dengan memberikan panganan bergizi untuk berbuka mereka,” pungkas Ibnu.

Adapula pembagian tugas untuk menjalankan program ini yaitu, ACT akan menyasar 28 RT di Kota Jakarta Timur, 50 RT Kota Jakarta Utara, 4 RT di Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Yayasan Dompet Dhuafa Republika akan menysara 72 RT Kota Jakarta Barat, 4 RT di Pulau Pari, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dan Rumah Zakat menggarap di 30 RT Di Kota Jakarta Selatan 48 RT di Kota Jakarta Pusat, 6 RT di Pulau Kelapa, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Turut hadir dalam acara Penandatanganan kerjasama ini antara lain, Sekretaris Daerah Provinisi DKI Jakarta, Saefullah; Para Walikota Administrasi Provinsi DKI Jakarta dan Bupati Kepulauan Seribu; Ketua BAZNAS BAZIZ Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Lutfi Fathullah; Vice President Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ibnu Hajar; Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR), Ismail A Said; Chief Marketing Officer Yayasan Rumah Zakat, Irvan Nugraha; serta Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads