alexametrics

Komentar di FB Berbau Sara, Ibu Rumah Tangga Ini Diamankan Polisi

Terkait Bom Bunuh Diri di Surabaya
15 Mei 2018, 16:37:35 WIB

JawaPos.com – Hati-hati memberikan komentar di sosmed terkait bom bunuh diri di Surabaya, bisa-bisa dituduh pasal penghinaan. Itulah yang terjadi pada seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kota Banda Aceh, Aceh. Perempuan  beriinisial WF, 37, diamankan polisi karena aktivitasnya di Facebook. Ia ditangkap karena mengomentari bom di Kota Surabaya, bernada SARA.

“Pelaku diduga melakukan perbuatan SARA melalui media sosial facebook dan kemudian diamankan petugas Ditreskrimsus,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (15/5).

WF diamankan personel Ditreskrimsus Polda Aceh pada Senin (14/5), sekitar pukul 11.45 WIB. Sebelumnya,  pada Minggu (13/5) pelaku membagikan postingan terkait dengan rusuhnya Rutan Mako Brimob atas postingan milik orang lain.

Kemudian pelaku juga mengomentari dengan menyinggung atau mendukung serangan bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja di Kota Surabaya. “Di dalam postingannya tersebut terdapat komentar dari teman facebook terduga dengan inisial LFY dengan kata-kata ‘iya mbak, ini barusan ada bom di gereja santa maria, ngagel sby mbak”. Selanjutnya terduga pelaku SARA membalas komentar tersebut ‘ya say.. memang halal darah orang kafir say’,” papar Misbahul.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 45A ayat 2 Jo Pasal 28 ayat 2 sesuai dg UU RI Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu unit handphone merk OPPO F1s dan sebuah Simcard atau kartu telepon bernomor 081269030550. “Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Ditreskrimsus Polda Aceh untuk pemeriksaan lebih lanjut,” sambungnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mal/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Komentar di FB Berbau Sara, Ibu Rumah Tangga Ini Diamankan Polisi