JawaPos Radar

Kabut Asap Diprediksi Bakal Serang Palembang

Juni Siaga Satu Karhutla

15/05/2018, 04:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Simulasi Karhutla
Simulasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kabut asap diprediksi bakal kembali menyerang Kota Palembang apabila kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi. Pasalnya kondisi angin pada saat musim kemarau akan bertiup ke arah Palembang.

"Ya, saat musim kemarau arah angin dari OKI akan menuju ke Kota Palembang. Artinya, jika terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) maka asapnya bakal terbawa ke Kota Palembang," kata GM Fire Managemen APP Sinarmas, Sujica Lusaka saat ditemui di kantornya, Senin (14/5).

Karena itu, pihaknya telah melakukan siaga seperti membangun sebanyak 38 menara api di dua daerah yakni Sungai Baung dan Jambi. Selain itu, pihaknya juga membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan jumlah personel sebanyak 330 orang.

"MPA ini kami berikan pelatihan dan bahkan diberikan insentif karena telah menjaga lingkungannya," terang Sujica.

Ia menilai saat ini lahan yang paling rentan terbakar yakni di daerah OKI. Kebakaran disebabkan titik panas dan juga budaya masyarakat dalam membuka lahan. Karena itu, di bulan Juni dan Juli mendatang pihaknya menetapkan siaga 1 untuk mengantisipasi terjadinya karhutla apalagi kabut asap mengingat Kota Palembang akan menyelenggarakan Asian Games pada Agustus mendatang.

Saat ini guna menyukseskan Asian Games, pihaknya telah menginvestasikan lebih dari USD 3,8 juta, sedangkan untuk mencegah Karhutla pihaknya juga telah menginvestasikan dana sebesar USD 100 juta.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah dan juga menyukseskan Asian Games mendatang," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up