JawaPos Radar

Tokoh Ulama Se-Jabar Kecam Pengadilan Tipikor

15/05/2017, 06:45 WIB | Editor: Imam Solehudin
Tokoh Ulama Se-Jabar Kecam Pengadilan Tipikor
Ilustrasi (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Para ulama sepuh di Jawa Barat mengecam hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Mereka menilai, vonis 2 tahun terhadap mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan sangat tidak rasional. 

Sebab, Dahlan punya track record yang bersih ketika diamanahi sejumlah jabatan oleh pemerintah. Mulai dari menteri hingga direktur PLN.  Dahlan juga disebut sebagai sosok yang baik dan jujur. 

Ungkapan tersebut disampaikan Tokoh Ulama Jabar, KH Miftah Fauzi. Dia kecewa terhadap pemerintah dan menyebut vonis kepada Dahlan merupakan sebuah kemunduran penegakan hukum.‎

"Bagaimana rakyat akan percaya apabila penegakkan hukum sudah tidak benar. Hukum di Indonesia itu tumpul ke kawan, namun tajam ke lawan. Kami menduga ada kandungan politik di dalamnya," ujar kyai jebolan pesantren Miftahul Huda Manonjaya saat memberikan sambutan acara Riadho Kubro di Masjid Baiturohim Plered Purwakarta, Minggu(14/5).

Ungkapan yang sama juga diungkapkan Ketua Pondok Pesantren Miftahul Huda Jatiragas Kabupaten Karawang, Muhammad Kurdi. Ia melihat tidak ada kerugian negara dalam kasus vonis Dahlan Iskan.‎ 

"Atas dasar sosial inilah kami mendorong proses PK dan kasasi dilakukan. Selain itu kami  memandang perlu menyatakan sikap secara terbuka ke publik atas kasus ini. Secara penuh kami mendukung Dahlan Iskan agar mengajukan banding," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Dahlan Iskan divonis 2 tahun penjara dengan status penahanan kota dan denda Rp 100 juta. Dahlan divonis terkait kasus korupsi pelepasan aset PT PWU oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. 

Dahlan Iskan oleh pengadilan dinyatakan terbukti korupsi secara bersama-sama pada pelepasan aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemprov Jatim.(nif/rmol/mam/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up