alexametrics

Kejari Banjarmasin Selisik Kasus Mafia Tanah

15 April 2022, 18:28:58 WIB

JawaPos.com–Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, saat ini, melakukan selisik satu kasus dugaan mafia tanah. Kasus tersebut dilaporkan masyarakat.

”Saat ini, masih kami telaah untuk pemenuhan sejumlah indikatornya apakah masuk mafia tanah atau bukan,” kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Banjarmasin Dimas Purnama Putra seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin, Jumat (15/4).

Objek dalam laporan itu sebidang tanah berlokasi di Jalan Gubernur Soebarjo, Kota Banjarmasin. Kini sedang ditelusuri dokumen legalitasnya ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dia menjelaskan, tidak semua laporan secara otomatis terklasifikasi sebagai dugaan praktik mafia tanah. Contoh indikasi praktik mafia tanah misalnya objeknya tanah milik pemerintah daerah diklaim seseorang tanpa hak dan digunakan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

”Kemudian bisa juga dalam pengurusan sertifikat atau hak guna ada oknum yang mensyaratkan gratifikasi hingga tumpang tindih dokumen akibat praktik illegal,” terang Dimas Purnama Putra.

Diketahui tim khusus untuk memberantas mafia tanah telah dibentuk Satgas Mafia Tanah di seluruh kejaksaan tinggi dan kejaksaan negeri atas perintah Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Jaksa Agung menilai sengketa pertanahan akibat ulah mafia tanah selama ini sangat meresahkan masyarakat hingga memicu konflik sosial.

Sementara itu, jika hasil temuan disimpulkan termasuk kategori pidana umum kasusnya dilimpahkan kejaksaan ke kepolisian untuk diproses penyidik Polri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads