alexametrics

Terbuat dari Limbah, Sofa Ini Jadi Mebel di Hunian Pengungsi Semeru

15 Maret 2022, 09:38:03 WIB

JawaPos.com – Relawan di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru tidak hanya hadir pada saat bencana saja. Pascaerupi mereka tetap membantu para korban untuk bangkit.

Ada berbagai keahlian relawan di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru. Ada yang untuk pemulihan psikologis, relawan konstruksi bangunan, ada juga seniman kriya.

Romadi, relawan asal Jakarta kni hadir untuk memberdayakan para korban erupsi untuk membuat kriya dari limbah-limbah sekitar lokasi bekas erupsi. Bersama warga setempat, seniman dari Omah Senengs (Seni Mengelola Sampah) itu membuat sofa dari limbah plastik dan pakaian bekas. Kini sofa itu menjadi mebel di hunian para pengungsi Semeru.

Direktur Eksekutif Indonesia CARE Lukman Azis menuturkan, pihak selalu lembaga kemanusiaan masih bertahan di Lumajang untuk membantu para korban. Indonesia CARE selain membawa relawan konstruksi untuk membangun hunian sementara (huntara) di Lumajang, juga mengajak para seniman kriya. Mereka dilibatkan sebagai relawan untuk memberdayakan masyarakat di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

“Romadi merangkul para pengungsi Semeru terlibat dalam kerajinan mengelola sampah ini. Ribuan botol diisi dengan pakaian layak pakai yang menggunung. Selain mengurangi limbah pakaian bekas yang tak termanfaatkan, juga mampu meningkatkan ekonomi para pengungsi yang kehilangan pekerjaannya,” ujar Lukman Azis kepada JawaPos.com, Selasa (15/3). Salah satu karya yang dihasilkan berupa sofa.

Sementara itu, Indonesia CARE melakukan serah terima kunci huntara untuk masyarakat korban erupsi di Kampung Renteng, Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang, Senin (14/3). Huntara itu merupakan donasi dari KAHMI Jatim dan Universitas Brawijaya Malang.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads