alexametrics

Siapkan Ruang Hingga Psikiater Untuk Caleg Stres

15 Maret 2019, 21:33:15 WIB

JawaPos.com – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2019 semakin mendekat. Beberapa pihak pun bersiap untuk menyambut pemilu tersebut diantaranya Rumah Sakit Ernaldi Bahar.

Persiapan rumah sakit jiwa ini berupa menyiapkan ruang hingga psikiater untuk Calon Legislatif (Caleg) stres yang gagal dalam pencalonannya nanti.

Kepala Instalasi Humas dan Pelayanan Pengaduan RS Ernaldi Bahar, Iwan Adyantoro mengatakan ada delapan ruang atau kamar yang disediakan untuk menampung caleg yang gagal dan berdampak pada depresi hingga stres.

Kamar tersebut terdiri dari beberapa kelas mulai dari VIP, kelas satu hingga kelas tiga.

“Sebagai rumah sakit jiwa tentunya kami memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat Sumsel khususnya Palembang tanpa terkecuali termasuk caleg yang gagal dan berakibat stres,” katanya saat dihubungi, Jumat (15/3).

Hanya saja, untuk penempatannya berdasarkan keputusan dari keluarga yang bersangkutan apakah mau dirawat di kelas berapa dan sistem pembayaran pun bagaimana. Mengingat, seorang caleg tentunya bukan menjadi tanggungan negara.

Selain menyiapkan kamar khusus, pihaknya juga menyiapkan tim psikiater untuk memberikan bimbingan pemulihan mental kepada caleg yang gagal tersebut.

“Ada delapan psikiater yang kami siapkan untuk memulihkan mental mereka,” terangnya.

Menurutnya, meski pasien tersebut merupakan caleg yang gagal. Namun, penanganannya tetap sama seperti pasien biasanya. Sehingga, ia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menangani pasien caleg stres ini.

“Semua pasien itu sama, penanganannya juga nanti sama jadi tidak ada beda dalam penanganannya,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

Siapkan Ruang Hingga Psikiater Untuk Caleg Stres