alexametrics

Promosikan Bandara NYIA Lewat Tour de Jogja

15 Maret 2019, 13:31:22 WIB

JawaPos.com- Untuk mengenalkan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan beroperasi pada April mendatang, Dinas Pariwisata (Dinpar) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menggelar event Tour de Jogja. Sebuah acara yang akan diikuti oleh lebih dari seribu pesepeda dengan rute akhir Kabupaten Kulon Progo. Tour de Jogja bakal digelar Minggu (17/3).

“Kami menilai ini sangat efektif untuk promosi potensi wisata Daerah Istimewa Jogjakarta. Kami apresiasi ke masyarakat khusus penghobi sepeda, di satu sisi mengangkat potensi wisata di Kulon Progo yang mempromosikan atau branding NYIA,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinpar DIJ Marlina Handayani ditemui di Hotel Sheraton Jogjakarta, Jumat (15/3).

Peserta Tour de Jogja yang sudah terdata sudah kisaran 1.250 orang. Tak hanya dari Jakarta, Surabaya, Jawa Tengah, Kalimantan, Makassar, dan Papua saja. “Tapi juga ada 20 peserta dari asing, seperti Korea Selatan, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat,” tambahnya.

Mereka akan start dari Ramayana Ballet kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman. Kemudian melewati lereng Merapi di Kecamatan Cangkringan, menuju Turi.

Lalu ke Kecamatan Nanggulan di Kabupaten Kulon Progo dan beberapa tempat lain di sana. Sebelumnya akhirnya finis kembali ke Ramayana Ballet. “Rute ini lebih mengarah ke barat, ke Kulon Progo,” terang Marlina.

Ada beberapa potensi wisata di Kulon Progo yang akan dilewati para peserta. Destinasi itu, diibaratkan seperti emas yang masih terpendam. Sebab sangat jarang wisatawan yang berkunjung.

“Ada wisata heritage, mengenai wisata ziarah agama Hindu. Sampai sekarang ini belum dilirik masyarakat umum, tapi sudah dikenalkan ke agent wisata,” katanya.

Selain mengenalkan potensi wisata, para pesepeda nantinya juga akan dihibur oleh kesenian-kesenian lokal. Seperti tarian tradisional angguk dari Kulon Progo.

Sementara koordinator Tour de Jogja Septyadi menambahkan, guna memberikan kenyamanan bagi peserta juga telah disiapkan beberapa layanan. Seperti tenaga medis, fisioterapis, maupun mekanik. “Rute sangat variatif dan menanjak. Untuk menjamin kenyamanan, kami sediakan (tenaga) medis,” ucapnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Ridho Hidayat

Promosikan Bandara NYIA Lewat Tour de Jogja