alexametrics
Temuan Situs Purbakala di Tol Mapan

Ekskavasi Hari Ketiga, Temukan Hamparan Batu Bata Era Majapahit

15 Maret 2019, 15:34:24 WIB

JawaPos.com- Hasil ekskavasi (penggalian) yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di proyek Tol Malang-Pandaan (Mapan) mendapati temuan baru. Yakni tatanan struktur baru, serta hamparan batu bata yang diperkirakan dari era Majapahit.

Arkeolog BPCB Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pada hari ketiga pelaksanaan ekskavasi ini pihaknya menemukan tatanan struktur baru yang mengarah ke Barat dari temuan awal. “Kami temukan tatanan struktur baru dengan jarak 6-8 meter dari temuan awal. Ada hamparan bata dengan radius 15 meter ke barat,” ujarnya kepada JawaPos.com, Jumat (15/3).

Dia menyampaikan, dari temuan tersebut, proses ekskavasi akan berlanjut menuju ke arah Barat. “Hari ini kami akan mencoba membersihkan permukaan tanah yang ada diatas hamparan bata itu, yang berada dalam radius 15 meter ke arah Barat,” tambahnya.

Meskipun telah menemukan tatanan baru, pihaknya masih belum bisa memastikan bentuk bagunan tersebut. “Belum kelihatan bentuknya apa,” terangnya.

Untuk tahap pertama, pihaknya masih akan membersihkan lapisan atas dari tatanan bata. Setelah itu, reruntuhan batu bata akan diangkat untuk mengetahui apakah ada tatanan bata yang masih utuh. “Kami berharap di situ ada tatanan bata yang masih utuh,” imbuhnya.

Selanjutnya, pihaknya akan mencoba menghubungkan temuan awal dengan temuan tatanan bata baru serta tatanan bata yang ada di sisi Selatan. “Kami coba hubungkan, (apakah) membentuk suatu pola denah tertentu atau tidak,” ungkapnya.

Pada proses ekskavasi ini, terdapat tambahan personel yang didatangkan langsung dari Mojokerto. “Ada tambahan 5 personel dari Mojokerto untuk proses penggalian,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung



Close Ads
Ekskavasi Hari Ketiga, Temukan Hamparan Batu Bata Era Majapahit