alexametrics

Kabar Pembuatan SIM Kolektif di Pesan WA Hoax

15 Februari 2019, 16:29:51 WIB

JawaPos.com – Beredar informasi pembuatan SIM kolektif hingga razia Surat Tanda Nomor Kendaraan yang beberapa waktu belakangan yang viral di aplikasi WhatsApp. Ternyata, informasi itu hoax atau berita bohong.

Hal itu dibenarkan Kepala Seksi Surat Izin Mengemudi (Kasi SIM) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar. Menurut dia, kabar pembuatan SIM kolektif hoax.

“Langkah kami sudah mencounter berita hoax tersebut dan mensosialisasikan berita counternya ke sosial media dan media massa,” kata dia, Jumat (15/2).

Fahri mengingatkan masyarakat tak gampang percaya dengan kabar sumir. Pihaknya juga mengajak masyarakat membantu pencegahan penyebaran berita hoax.

“Setiap info seputar lalu lintas pasti sampai di kita (Ditlantas Polda Metro). Jika diluar kebijakan kami segera lakukan pencegahan agar masyarakat tidak terperdaya karenanya,” ujar Fahri.

Informasi pembuatan SIM secara kolektif tanpa tes marak di media sosial. Kabar tersebut bahkan menyebutkan lokasi pembuatan SIM berlangsung di sejumlah titik di Kota Depok, Jawa Barat, kemudian di wilayah Jakarta.

Kabar yang beredar luas itu menyebutkan peserta hanya datang lalu foto dan tanpa tes. Bahkan informasi juga merinci titik-titiknya, padahal semua itu tidak benar.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor :

Kabar Pembuatan SIM Kolektif di Pesan WA Hoax