alexametrics

Dipanggil Bawaslu, Ganjar Dicecar 20 Pertanyaan

15 Februari 2019, 19:10:51 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah mencecar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dengan kurang lebih 20 pertanyaan. Pertanyaan tersebut terkait acara deklarasi pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin yang diinisiasi Ganjar dan diikuti puluhan kepala daerah di Jateng.

“Kurang lebih satu setengah jam, point-pointnya tentu seputar kegiatan yang ada di (Hotel) Alila. Misal siapa yang punya ide, siapa yang diundang, teknik mengundang,” kata Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Saka, Jumat (15/2). 

Selain itu, turut ditanyakan adalah apa yang dibahas pada acara itu, lalu adakah fasilitas negara yang dipakai saat itu. Mengingat peserta kegiatan adalah kepala daerah. Meski mereka tengah memasuki masa libur kerja.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

“Kalau soal pelanggaran saya tidak bisa berstatemen sebagai pribadi ya. Nanti setelah kita kumpulkan semua (hasil pemeriksaan kepala daerah) se-Jateng plus klarifikasi Ganjar Pranowo tadi. Akan kita plenokan terlebih dahulu, baru kita sampaikan status resminya,” bebernya. Sembari menegaskan, waktu pleno adalah tanggal 21 Februari besok.

Soal Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), kata Fajar, wajib bilamana agenda kegiatan tersebut adalah kampanye. Namun, jika bukan kampanye maka tak perlu STTP.

Fajar mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menelaah hasil pemeriksaan terhadap kepala daerah lainnya yang dikumpulkan Bawaslu masing-masing kabupaten/kota. Sehingga, ia masih enggan membeberkan soal kesamaan maupun perbedaan pengakuan dari tiap-tiap kepala daerah.

“Seingat saya sebagian besar sudah diperiksa. Hari ini kalau tidak salah Kabupaten Pati yang diperiksa. Seingat saya,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Dipanggil Bawaslu, Ganjar Dicecar 20 Pertanyaan