JawaPos Radar

Tampilkan Batik Nusantara, SBC XI Ambil Tajuk Ika Paramartha

15/02/2018, 00:07 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
SBC XI
KOSTUM: Sejumlah peserta SBC XI tengah memamerkan prototipe SBC XI, Rabu (14/2). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gelaran Solo Batik Carnival (SBC) menjadi salah satu event unggulan yang digelar setiap tahunnya di Kota Solo. Dan untuk gelaran SBC yang ke XI yang akan diselenggarakan 11-15 Juli mendatang, panitia mengambil tema Ika Paramartha. Nama Ika diambil dari bahasa Sansekerta. 

Ketua Yayasan SBC Solo, Lia Imelda menjelaskan, bahwa nama Ika diambil dari kata Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. "Kalau kata Paramartha berarti mulia, baik. Jadi Ika Paramartha berarti satu kemuliaan," terang Imelda saat jumpa pers sekaligus peluncuran prototipe SBC, Rabu (14/2). 

Lia menambahkan, pengambilan tema ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, selama ini banyak kejadian yang begitu memprihatinkan yang menyangkut masalah SARA. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Sleman, Jogjakarta dan juga di daerah lainnya. Maka dengan adanya tema ini Lia berharap, SBC XI bisa menyatukan semuanya tanpa memandang SARA.  

"Untuk tahun ini kami tidak hanya mengusung batik Jawa saja, tetapi juga nusantara. Dan ini juga untuk menyatukan keberagaman yang ada," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator SBC XI, Ade Sugriwa menjelaskan, nantinya selain dari Jawa ada tujuh daerah lain yang akan memeriahkan SBC. Seperti dari Sumatera Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali dan juga dari Papua. 

Dari setiap daerah atau defile akan diwakili oleh 20 peserta. "Mereka akan menampilkan ciri khas dari daerahnya masing-masing, seperti rumah adat, senjata, tarian adat, pakaian adat dan juga kekhasan lainnya," ucapnya. 

Dengan berbagai penampilan dan bentuk yang akan dibawakan oleh peserta, Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Solo, Nunuk Marihastuti berharap, desainnya bisa senyaman mungkin saat digunakan. "Sehingga saat acara tidak mengganggu," katanya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up