alexametrics

Serangan Tawon Ndas di Klaten, 7 Orang Meninggal

15 Januari 2019, 09:30:43 WIB

JawaPos.com – Populasi serangga jenis Vespa Affinis atau lebih dikenal Tawon Ndas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), semakin mengkhawatirkan. Bahkan sepanjang 2017-2018, sedikitnya tujuh warga meninggal dunia karena sengatan Tawon Ddas.

Di awal tahun ini, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten sudah melakukan penanganan terhadap 15 laporan sarang Tawon Ndas dan masih ada 30 laporan lagi. Keberadaan sarang Tawon Ndas di Klaten sudah diketahui sejak akhir 2016. Setiap tahunnya, jumlah laporan yang masuk ke Damkar terus bertambah. Bahkan tahun ini tercatat ada lebih dari 300 laporan yang masuk ke Damkar.

“Di tahun ini kami sudah melakukan penanganan sebanyak 247 sarang. Untuk korban meninggal karena sengatan Tawon Ddas atau Tawon Gung sebanyak lima orang. Sedangkan tahun 2017 ada dua orang,” ungkap petugas Damkar Klaten Irwan Santoso menyampaikan, JawaPos.com, Selasa (15/1).

Tawon Ndas
VESPA AFFINIS: Petugas Damkar Klaten menunjukkan serangga jenis vespa affinis atau yang lebih dikenal dengan nama tawon ndas. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Penyebaran Tawon Ndas hampir merata di seluruh kecamatan di Klaten. Jumlahnya cukup tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di Soloraya. Tawon Ndas ini sering memilih pohon dan permukiman warga untuk bersarang. “Tawon-tawon ini memilih lokasi yang tersembunyi. Tidak terkena hujan, sinar matahari dan hujan, serta jauh dari aktivitas manusia,” ungkapnya.

Irwan menambahkan, keberadaan Tawon Ndas memang cukup berbahaya. Namun selama ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa tawon tersebut tidak berbahaya. Padahal racun di dalam tubuh Tawon Ndas bisa merusak ginjal dan saraf.

“Dia bisa menyengat berulang kali sampai racun di dalam tubuhnya habis. Lalu dia bisa memproduksi racun lagi. Ini berbeda dengan lebah madu yang sekali menyengat langsung mati,” ulas Irwan.

Untuk itu, petugas mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mendapati adanya sarang Tawon Ndas agar berhati-hati atau langsung melaporkan ke Damkar Klaten di nomor 0272324113.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ari Purnomo

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads
Serangan Tawon Ndas di Klaten, 7 Orang Meninggal