JawaPos Radar

Napi Rutan di Solo Terancam Tidak Bisa Nyoblos, Ini Alasannya

15/01/2018, 17:24 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Napi Rutan di Solo Terancam Tidak Bisa Nyoblos, Ini Alasannya
()
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Kelas I A, Surakarta terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah mendatang. Hal ini salah satunya karena, banyak dari warga binaan yang sudah punya hak suara ternyata tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I A Surakarta, Solichin kepada JawaPos.com menjelaskan, untuk saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap warga binaan. Ini seusai permintaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami sudah diminta oleh KPU untuk melakukan pendataan terhadap warga binaan, dan saat ini baru kami lakukan,” terang Solichin, Senin (15/1).

Sampai saat ini, tercatat sudah ada 73 warga binaan yang sudah terdata dan mempunyai hak pilih. Hanya saja, dari jumlah tersebut ada beberapa warga binaan yang ternyata tidak memiliki KTP. Ketiadaan KTP ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti saat di persidangan, saat pemeriksaan, atau bahkan sebelum masuk dalam Rutan para warga binaan tersebut tidak punya KTP.

“Padahal, KTP tersebut menjadi syarat utama untuk bisa mencoblos dalam Pilgub mendatang. Tapi ini kami baru menanyakan perihal KTP tersebut kepada pihak keluarga,” katanya lagi.

Solichin berharap ada solusi untuk warga binaan yang nantinya tidak memiliki KTP. Sehingga, mereka tetap bisa memberikan hak suaranya dalam Pilgub Juni mendatang.

“Mudah-mudahan ada kebijakan khusus untuk napi dan tahanan KPU untuk para warga binaan,” terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Daerah Kota Solo, Agus Sulistiyo mengatakan, bahwa warga binaan tetap bisa memberikan hak suaranya. Dengan catatan mereka juga mempunyai surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP tersebut.

“Selain KTP bisa juga dengan Suket, dan bisa memberikan hak suaranya,” terang Agus. 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up