JawaPos Radar | Iklan Jitu

Suara Aneh di Langit Pantura, AirNav: Jateng Jalur Padat Penerbangan

14 Desember 2018, 21:52:50 WIB
Suara Aneh di Langit Pantura, AirNav: Jateng Jalur Padat Penerbangan
ILUSTRASI: Sebuah suara aneh mirip dengungan pesawat terbang terdengar di sejumlah kawasan di langit Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Baling-baling pesawat kembali diduga menjadi pemicu munculnya suara dengungan keras di langit kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, Jumat (14/12) dini hari. Ini menyusul pernyataan dari AirNav yang mengatakan bahwa Jateng sebagai jalur padat penerbangan internasional.

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan, wilayah Jateng, tempat sejumlah warga mendengar suara dengungan keras dini hari tadi, adalah jalur padat penerbangan internasional. Terutama setelah lewat jam tengah malam.

“Kalau di jam-jam seperti itu banyak pesawat yang melintas di atas ruang udara. Karena di atas Jateng itu kan ada rute jalur namanya W45. Itu jalur yang paling sibuk di dunia,” kata Yohanes, Jumat (14/12).

Akan tetapi, soal suara mendengung yang menderu dini hari tadi, Yohanes enggan berspekulasi jika itu dipicu baling-baling pesawat. “Tapi apakah itu suara pesawat, saya enggak tahu. Pertama saya tidak mendengar, saya juga ada di Jakarta," katanya.

"Kalau suara pesawat, pesawat juga sering melintas di sana. Harusnya warga lebih sering mendengar,” sambung Yohanes lagi.

Sebelumnya, seorang pakar penerbangan bernama Alvin Lie sempat menganalisa jika suara yang dinilai warga misterius dan menggemparkan itu berasal dari baling-baling pesawat terbang. Biasanya pesawat tipe kargo yang tak dipasangi peredam.

Eks Anggota DPR RI turut berujar bahwa pesawat kargo itu terbang dari Jakarta menuju Melbourne, Australia. Pesawat terbang stabil pada ketinggian yang mustahil bisa dilihat dari daratan.

Atas analisa Alvin itu, Yohanes tidak membantah. “Memang jalur penerbangan sibuk dari mana-mana. Dari Asia mau ke Australia. Mau ke mana-mana cuma lewat situ. Pada jam segitu di atas itu memang ada banyak pesawat yang terbang,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, suara dengungan kencang terdengar di langit kawasan Pantura, Jumat (14/12) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Melalui sejumlah konten yang dibagikan melalui media sosial, peristiwa ini diketahui terjadi di Pekalongan, Kendal, Pemalang, dan beberapa daerah lain di Jateng.

Baik dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Stasiun Geofisika Banjarnegara memastikan peristiwa ini bukan dipicu karena fenomena alam. Melainkan suara dari suatu jenis pesawat yang melintas pada ketinggian tertentu.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini