alexametrics

Soal Suara di Langit Pantura, Alvin Lie: Itu Pesawat Baling-baling

14 Desember 2018, 20:02:24 WIB

JawaPos.com – Suara menderu yang terdengar dari arah langit kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah disebut bukan muncul akibat fenomena alam. Namun suara dengungan keras tersebut ditengarai berasal dari putaran kencang baling-baling pesawat.

Alvin Lie, seorang pakar penerbangan yang mengaku telah mengetahui informasi mengenai hal itu menduga suara berasal dari putaran kencang baling-baling pesawat. Ia sendiri mengatakan sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna memastikannya.

“Kurang jelas apakah itu Antonov atau pesawat buatan China (Tiongkok). Tadi dimonitor teman-teman di FR24 (Flight Radar 24) itu pesawat baling-baling terbang dari Jakarta ke Melbourne,” kata Alvin, Jumat (14/12).

Ia mengatakan, penyebab suara dengungan bisa terdengar keras seperti tadi malam lantaran tidak ada peredam suara pada pesawat. Untuk itu, ia mengatakan yang menyerupai spesifikasinya adalah pesawat kargo.

“Jenis pesawat kargo muatannya banyak, sehingga suara baling-baling itu karena teknologinya kan tidak ada peredam. Dengungan bukan suara mesin, tapi baling-baling dengan udara. Saya juga monitor di Instagram, suara mendengung itu dari baling-baling dengan angin,” paparnya.

Kendati demikian, Alvin tak paham betul pesawat milik siapa yang beroperasi tadi malam. “Tapi yang jelas itu pesawat charter,” cetusnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, suara dengungan kencang terdengar di langit kawasan Pantura, Jumat (14/12) dini hari. Melalui sejumlah konten yang dibagi melalui media sosial, peristiwa ini terjadi di Pekalongan, Kendal, Pemalang, dan beberapa daerah lain.

Baik dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Stasiun Geofisika Banjarnegara memastikan perisitwa ini bukan dipicu karena fenomena alam. Melainkan suara dari suatu jenis pesawat yang terbang rendah di sejumlah lokasi.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Soal Suara di Langit Pantura, Alvin Lie: Itu Pesawat Baling-baling