alexametrics

Sidak Banjir di Kaligawe, Ganjar: Jangan Menunggu Siang

14 Desember 2018, 23:01:05 WIB

JawaPos.com – Musibah banjir kembali mengintai warga Kota Semarang usai hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (14/12) siang. Salah satunya bagi mereka yang tinggal di daerah langganan sekitar Kaligawe, tepatnya wilayah Sawah Besar.

Kawasan Sawah Besar pada Sabtu (8/12) lalu sempat terendam banjir pasca hujan deras yang terjadi semalam sebelumnya. Penyebabnya adalah gunungan sampah yang membuat aliran sungai Banjir Kanal Timur tersumbat dan pada akhirnya meluap hingga ke jalanan serta pemukiman warga.

Malam ini, tepatnya sekitar pukul 21.30 WIB, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi tersebut, tepatnya di titik Jembatan Kaligawe. Ia yang sebelumnya pernah meninjau lokasi tersebut dan meminta agar tumpukan sampah segera diangkut agar air mengalir lancar, kembali datang memastikan instruksinya kemarin dijalankan benar.

Sampahnya masih banyak sekali, saya minta secepatnya dikeruk. Kalau perlu kerja sampai malam agar semua sampah dapat diangkut. Alat berat dan mobil pengangkut harus standby,” tegas Ganjar kepada sejumlah pekerja di lokasi itu.

Tumpukan sampah tersebut, tegas Ganjar, memang sudah sepatutnya harus segera dipindahkan. Musababnya, menurut prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat masih akan mengguyur Kota Semarang hingga beberapa bulan ke depan.

“Dan sekarang intensitas hujan sedang tinggi-tingginya. Jadi harus kejar-kejaran dengan hujan. Jangan menunggu siang, kalau perlu ada shift malam untuk mengangkut semua sampah di lokasi ini karena kalau siang kan terganggu dengan arus lalu lintas,” ujar pria berambut putih tersebut.

Tak lupa, Ganjar mewanti-wanti masyarakat guna selalu menjaga kebersihan. Supaya tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi di sungai yang pastinya sangat berpotensi menimbulkan situasi macam ini.

Salah satu warga setempat, Sunarto, juga berharap instruksi gubernurnya tadi dapat segera dilaksanakan. Pria berusia 50 tahun itu pasalnya khawatir sekaligus trauma manakala kejadian seperti minggu lalu kembali terulang.

“Saya setuju sekali dengan perintah Pak Gubernur, supaya pengangkutan sampah dipercepat, memang jangan menunggu-nunggu lagi, hujannya deras terus,” imbuhnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Sidak Banjir di Kaligawe, Ganjar: Jangan Menunggu Siang