JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rampung, Overpass Manahan Akan Diuji Coba

14 Desember 2018, 14:22:24 WIB
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo
SIDAK: Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meninjau overpass Manahan beberapa waktu lalu. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Proyek overpass Manahan sudah rampung sepenuhnya. Tetapi, sebelum dibuka untuk umum, Pemkot Solo akan melakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba rencananya akan dilakukan pada Senin (17/12) mendatang. Uji coba ini akan melibatkan berbagai jenis kendaraan, mulai dari kendaraan roda dua sampai roda empat. 

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengungkapkan, sebelum melakukan uji coba Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan rapat terlebih dahulu. Rapat ini untuk membahas mengenai teknis uji coba tersebut. "Ya sebelum dibuka dan dioperasionalkan, harus dilakukan uji coba terlebih dahulu," terangnya, Jumat (14/12). 

Rudy menambahkan, sebelum melakukan uji coba Pemkot sudah meminta kepada kontraktor untuk membersihkan sisa material yang masih ada di sekitar overpass. Hal ini ditujukan untuk memperlancar uji coba yang akan dilakukan.

Termasuk juga pengecekan kembali kondisi aspal jalan yang ada di sekitar overpass. Jangan sampai kondisi aspal belum siap saat uji coba dilakukan. "Biar saat pelaksanaan uji coba semuanya sudah siap," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Hari Prihatno, menuturkan pelaksanaan uji coba rencananya tidak hanya satu hari saja. Melainkan bisa berlangsung beberapa hari. "Rencananya uji coba akan dilakukan dua sampai tiga hari, ini untuk memastikan jalan layang siap untuk dilintasi," katanya. 

Tidak hanya mengenai kondisi jalan layang saja, Hari mengatakan, uji coba ini juga untuk mengetahui operasional overpass dari berbagai sisi. Seperti rute kendaraan, jalur yang berada di sekitar overpass dan juga penggabungan arus kendaraan.

"Semuanya harus dilihat bagaimana kesiapannya. Yang dilibatkan untuk uji coba seperti bus besar, sepeda motor, bus kecil dan kendaraan lainnya," tandasnya.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini