JawaPos Radar | Iklan Jitu

PT KAI Antisipasi Kerawanan Teknis dan Nonteknis Jelang Nataru

14 Desember 2018, 11:18:55 WIB
PT KAI Antisipasi Kerawanan Teknis dan Nonteknis Jelang Nataru
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro dan jajarannya melakukan pemantauan i Stasiun Malang Kota Baru, Jumat (14/12) pagi. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pemantauan kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 di Stasiun Malang Kota Baru, Jumat (14/12) pagi. Pemantauan itu dilakukan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro.

Pemantauan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerawanan baik teknis maupun nonteknis yang bisa saja terjadi. Tak hanya memantau kesiapan, pada kesempatan itu pihaknya juga melakukan pemgawasan di sejumlah fasilitas stasiun.

Beberapa fasilitas itu antara lain ruang laktasi, ruang kesehatan, dan jalur antrean tiket. Dia pun sempat berdialog dengan sejumlah penumpang kereta api.

Dari hasil pantauan, pihaknya mengaku telah mendapatkan laporan terkait titik mana saja yang merupakan daerah rawan di wilayah Daerah Operasional (Daops) 8. Oleh karena itu, petugas KAI pun telah disiapkan untuk mengatasi adanya kerawanan.

Dia menerangkan, titik rawan di perlintasan kereta api meliputi dua jenis, yakni titik rawan teknis dan nonteknis.

"Kerawanan teknis adalah perlintasan yang rawan longsor, banjir, dan rel anjlok. Sedangkan rawan yang bersifat nonteknis yakni adanya pelemparan. Saya sudah minta sama petugas agar titik rawan itu dijaga supaya aman dan nyaman," ujar Edi, Jumat (14/12).

Pihaknya pun meminta kepada seluruh petugas PT KAI agar memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, khususnya selama momen Natal dan Tahun Baru. Apalagi okupansi penumpang kereta api di Malang cukup tinggi, mengingat Malang sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur.

"Ketika Natal dan Tahun Baru liburnya panjang, otomatis jalanan padat, mudah-mudahan kereta bisa membantu masyarakat," jelasnya.

Sebelum melakukan pemantauan, Edi sempat memberikan pengarahan pada petugas PT KAI di Daops 8. Pengarahan itu dilakukan sebagai salah satu persiapan meningkatnya volume penumapang di momen libur Nataru. Setidaknya ada lebih dari 6 ribu personel yang disiapkan untuk kesiapan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Editor           : Budi Warsito
Reporter      : (fis/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up