JawaPos Radar | Iklan Jitu

Muncul Suara Aneh di Langit Pantura, Berikut Penjelasannya

14 Desember 2018, 18:38:29 WIB
Fenomena Langit
ILUSTRASI: Sebuah suara aneh mirip dengungan terdengar di sejumlah kawasan di langit Pantai Utara (Pantura). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Sebuah suara aneh mirip dengungan pesawat terbang terdengar di sejumlah kawasan di langit Pantai Utara (Pantura), Jawa Tengah, Jumat (14/12) dini hari. Namun dipastikan suara tersebut bukanlah merupakan suatu fenomena alam.

Peristiwa ini mulanya diketahui berawal dari sebuah konten yang dibagikan melalui media sosial. Sebuah video berdurasi kurang dari satu menit itu merekam suara dan gambar langit Kota Pekalongan.

Pada video itu, ditampilkan langit kota Pekalongan malam hari. Tak ada fenomena cuaca apacpun yang ditunjukkan di sana. Namun demikian, ada suara menderu yang terdengar cukup keras. Bahkan kabarnya suara ini juga terdengar di beberapa wilayah sekitaran Pantura seperti Pemalang dan Kendal.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin mengatakan, tidak mengetahui persis sumber suara tersebut. Bahkan menurutnya suara yang muncul dan ramai di medsos tersebut bukan dipicu oleh suatu fenomena alam.

"Itu hanya suara setempat. Yang jelas bukan suara dari fenomena alam. Artinya bukan suara yang aneh. Meski disebutkan di beberapa daerah, kalau ada rekamannya pasti beda. Bisa saja itu suara di sekitar," katanya, Jumat (14/12).

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie pun mengamini pernyataan di atas. Katanya, pada saat suara tersebut muncul, tak ada aktivitas kegempaan maupun cuaca apa pun.

"Saya cek jam segitu memang nggak ada aktivitas kegempaan di Jateng. Saya tanya teman-teman di Meteorologi, kalau dari profil suaranya itu mirip suara pesawat jet. Katanya memang ada pesawat lewat jam segitu, Antonov kalau nggak salah. Tapi saya belum bisa klarifikasi," katanya.

Mengenai suara tersebut terdengar di lebih dari satu wilayah saja, Setyoajie menerangkan hal tersebut sangat mungkin kala pesawat jet terbang agak rendah. "Itu kan tekanan jetnya memecah udara, jadi terdengar suara. Aktivitas cuaca soalnya juga nihil," tandasnya.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : (gul/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up