alexametrics

Mendarat di Pekanbaru, Jokowi Tiba dengan Gaya Kasual

14 Desember 2018, 23:35:16 WIB

JawaPos.comPresiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi akhirnya tiba di Pekanbaru, Riau, Jumat (14/12) malam. Pesawat kepresidenan mendarat di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin sekitar pukul 21.15 WIB. Saat keluar dari pesawat, Jokowi tampak bergaya kasual dengan setelan kemeja putih dan celana jins biru serta sepatu sneaker.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi tampak mengenakan jilbab dengan baju batik. Dalam lawatannya ke Pekanbaru, Jokowi juga memboyong sejumlah pejabat negara. Diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.Kemudian, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan beberapa perwira dari TNI maupun Polri.

Rombongan presiden, disambut langsung oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Ronny Irianto Moningka, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Sonny Irianto, para ketua adat di Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan stakeholder lainnya.

Kemudian dijamu di ruang Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin. Selanjutnya, presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan ke tempat penginapan di salah satu hotel ternama di pusat kota Pekanbaru.

Jokowi, diagendakan mengikuti sejumlah kegiatan, Sabtu (15/12). Diantaranya, penabalan gelar adat Melayu dari LAMR, membagikan sertifikat tanah di Rumah Dinas Gubernur Riau, menghadiri pagelaran budaya medley tarian adat, mengunjungi pondok pesantren Al-Kautsar lalu bertolak ke Jambi.

Sebelumnya, Pangdam I/ Bukit Barisan Mayjend TNI MS Fadhila mengatakan, telah mengerahkan ribuan personel mulai dari polisi, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan akan dikerahkan. Namun, terkait jumlahnya Fadhila enggan membeberkannya.

“Saya kira gak perlu menyampaikan jumlahnya dan titik-titiknya. Biar saya yang tahu. Jumlah personel biar saya yang tahu dan jajaran semua. Ini bukan perang. Kita supaya nyaman justru,” sebutnya saat gelar apel pasukan, Kamis (13/12) pagi lalu.

Nantinya, para personel akan kembali melakukan pengecekan dan sterilisasi ke tempat-tempat yang akan dikunjungi Jokowi. “Supaya aman, nyaman dan lancar,” ujarnya.

Selain itu, regu penembak jitu juga telah disiapkan di titik-titik keberadaan Jokowi nantinya. “Secara aturan dan fungsi tugas harus dilakukan. Tapi sniper harus dilakukan sebagai langkah terakhir. Jadi kalau ada yang menggangu jangan coba-coba,” ucapnya.

Sementara itu, kebiasaan Jokowi yang suka berada di tengah masyarakat dan menyalaminya serta berfoto selfie, menjadi salah satu faktor yang diperhatikan ketika pengamanan.

“Tentu wajar jika orang tua datang ke rumahnya, menegur anak-anaknya, menyapa keluarganya sendiri. Intinya mari kita tata, siapkan, dan jalankan dengan baik,” sebutnya.

Dengan kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Fadhila mengimbau masyarakat untuk menjaga kenyamanan Jokowi selama di bumi Melayu. “Mari kita jaga dengan baik,” kata dia.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (ica/JPC)

Mendarat di Pekanbaru, Jokowi Tiba dengan Gaya Kasual